oleh

Kulit Cantik Anda Sering Terganggu? Ternyata Ini Penyebabnya

Laporan: Tengku Dhehar

ACEHSATU.COM – Semua wanita pasti menginginkan kulit cantik dan bersih, untuk mendapatkannya berbagai cara ditempuh.

Mulai dari perawatan pribadi seperti penggunaan produk kecantikan, konsultasi kepada dokter spesialis kulit, dan juga penggunaan skincare.

Skincare adalah produk-produk yang dikhususkan untuk merawat kulit seperti sabun pencuci wajah dan serum.

Yang menjadi permasalahnya adalah banyak dari kalangan perempuan kurang mengetahui aturan pemakaian skincare yang benar.

Akibatnya mereka lupa bahwa ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pada kulitnya di saat mengaplikasikan skincare.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunaan skincare pada kulit dan beberapa dari penguna tidak menyadarinya.

Pertama, over cleansing (membersihkan wajah secara berlebihan). Jika memiliki kulit yang sensitif, kemerahan atau berjerawat, melakukan over cleansing atau membersihkan wajah dengan berlebihan pada pagi hari akan membuat kulit bermasalah, kulit bisa mengelupas dan meradang.

Jadi solusinya adalah bersihkan wajah dengan cleansing foam (sabun busa) biasa atau dengan micellar water (sabun cair), hindari penggunaan skincare secara berlebihan di pagi hari.

Kulit yang sudah bersih di malam hari tidak perlu lagi dibersihkan secara berulang-ulang di pagi hari.

Kedua, penggunaan handuk yang sama secara terus menerus. Pemakaian handuk secara berkesinambungan akan membuat handuk anda basah dan kotor saat digunakan.

Ketika handuk tersebut digunakan pada wajah, kotoran dari makeup dan debu akan tertinggal pada handuk.

Menggunakan handuk yang sama dalam jangka waktu lama dapat mendorong pertumbuhan bakteri dan jamur, sebaiknya anda menghindari hal buruk ini agar kulit anda terlindungi kebersihannya.

Ketiga, urutan skincare yang salah. Mana yang dipakai dulu? Serum atau pelembap? Toner atau krim wajah? Mungkin anda tidak sadar, tetapi menggunakan produk skincare dengan urutan yang salah dapat menyebabkan kulit anda bermasalah, sebaiknya anda dalam menggunakan skincare harus secara berurutan.

Produk skincare yang teksturnya ringan atau encer sebaiknya tidak digunakan, lihat dan gunakan produk yang teksturnya kental ini lebih baik untuk kulit anda.

Ketiga, gerakan yang salah ketika membersihkan wajah. Disaat membersihkan wajah dan juga ketika mengaplikasikan pelembap, gunakan gerakan memutar ke atas, jangan melakukan gerakan turun ke bawah.

Hal ini bisa membuat kulit anda tertarik ke bawah dan terlihat tua, jangan lupa juga untuk melakukan pijatan-pijatan ringan dari hidung ke dahi, daerah pipi dan dagu untuk melancarkan sirkulasi darah di wajah.

Terakhir, menunggu terlalu lama untuk menggunakan skincare . Setelah mandi dan membersihkan wajah, jangan membiarkan kulit polos terlalu lama.

Selagi kulit masih lembap, aplikasikan produk perawatan wajah selanjutnya seperti toner, serum, atau pelembap.

Biasanya disaat kulit dalam keadaan lembab masih lembut dan pori-pori sedang bersih, sehingga kandungan produk akan bekerja maksimal.

Itulah beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunaan skincare pada kulit wajah, jika kesalahan-kesalahan ini terus terulang maka kulit anda akan terganggu kesehatannya.

Oleh sebab itu rawatlah kulit anda dengan sebaik-baiknya supaya kulit anda terlihat cantik dan sehat, semoga bermanfaat. (*)

Komentar

Indeks Berita