Kubu Moeldoko Sebut Aksi SBY Daftar Merek PD atas Nama Pribadi Memalukan

Kubu pendukung Moeldoko, Darmizal menyebut Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijerumuskan oleh orang dekatnya dalam kasus pendaftaran merek Partai Demokrat ke Kemenkum HAM. Tindakan SBY mendaftarkan merek Partai Demokrat dengan nama pribadi, disebut memalukan.
SBY Daftar Merek PD
Foto: Eks Senior PD Darmizal (Sachril Agustin Berutu/detikcom).

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Kubu pendukung Moeldoko, Darmizal menyebut Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijerumuskan oleh orang dekatnya dalam kasus pendaftaran merek Partai Demokrat ke Kemenkum HAM. Tindakan SBY mendaftarkan merek Partai Demokrat dengan nama pribadi, disebut memalukan.

“Saya rasa ini memang sudah jalan dan petunjuk tuhan, karna tanpa sengaja kami temukan pendaftaran tersebut, ketika Jubir PD KLB membuka link Dijen HKI untuk mencari sesuatu. Atas hal tersebut, saya melihat bahwa ada upaya dari orang dekat SBY, yang memberikan arahan atau masukan tidak tepat, yang tentu dampaknya akan membuat malu Cikeas,” ucap Darmizal, dalam keterangannya, Minggu (11/4/2019).

Darmizal menduga Syarief Hasan telah menjerumuskan SBY untuk mendaftarkan merek Partai Demokrat. “Orang dekat SBY seperti Syarief Hasan sebagaimana pengakuannya yang sama sama kita ketahui dari berbagai media, patut diduga sebagai pihak yang menjerumuskan SBY,” katanya ujar Darmizal.

Darmizal mengaku, pendaftaran merek Partai Demokrat ke HAKI oleh pribadi SBY, adalah kejadian yang unik. Peristiwa tersebut tak hanya merugikan SBY, tapi juga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY).

“Ini sangat paradoks dengan pengakuan Pak Bambang (SBY), pada tahun 2002-2003, SBY masih dikenal sebagai Pak Bambang atau Pak Sus. Ketika itu, sebagai Menkopolhukam, era Presiden Megawati. SBY, menjelaskan dengan tegas tidak terlibat sama sekali dalam pendirian Partai Demokrat. Belakangan SBY dan keluarganya justru mempertontonkan sikap yang sangat terbalik, yaitu seakan menjadi penguasa tunggal PD sepanjang masa.” kata Darmizal.

Baginya, beruntung terjadi Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) yang akhirnya mengangkat Moeldoko selaku Ketua Umum partai. Konidisi PD versi KLB, disebut lebih baik dari kondisi PD pimpinan AHY.

SBY Daftar Merek PD
Foto: Eks Senior PD Darmizal (Sachril Agustin Berutu/detikcom).

“Seharusnya SBY peka terhadap orang-orang di sekitarnya yang memberikan masukan ngawur. Lihat saja sekarang, banyak pihak yang berkomentar negatif atas tindakan tersebut. Ini tentu hal yang sangat memalukan, apalagi terhadap mantan Presiden yang berkuasa 10 tahun lamanya. Syarief Hasan harusnya sudah dicopot atas kejadian tersebut,” ucapnya.

Sebelumnya, dilihat dari situs Dirjen KI Kemenkumham, Jumat (9/4), permohonan merek Partai Demokrat atas nama SBY didaftarkan pada 18 Maret 2021. Dalam situs tersebut, tertulis nama Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, MA, di kolom PEMILIK.

Alamat SBY di Puri Cikeas juga tertuang di kolom ALAMAT. Nomor permohonan itu adalah IPT2021039318.

Nama merek dalam permohonan SBY adalah PARTAI DEMOKRAT. Status permohonan SBY adalah DALAM PROSES. (*)