Krueng Keureuto Meluap, Tiga Desa Terendam Banjir, Polisi Kerahkan Personil Ingatkan Warga

Krueng Keureuto Meluap, Tiga Desa Terendam Banjir, Polisi Kerahkan Personil Ingatkan Warga

ACEHSATU.COM | LHOKSUKON – Tiga desa yang berada di kawasan daerah aliran sungai (DAS) Krueng Keureuto, Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara dilaporkan terendam banjir.

Hingga siang ini, Selasa (16/6/2020), genangan banjir akibat luapan air sungai telah merendam permukiman warga dengan ketinggian mencapai betis orang dewasa.

Jajaran Polsek Tanah Luas Polres Aceh Utara mengerahkan personelnya memantau perkembangan banjir serta melakukan langkah antisipasi dengan mengingatkan warga di wilayah hukumnya itu.

Dari hasil pemantauan, tiga desa yang berada dalam DAS Krueng Keureuto dilaporkan mulai terendam air luapan sungai.

Tiga desa itu yakni Gampong Serba Jaman B, kemudian Gampong Tanjong Masjid dan Gampong Blang.

“Kami mengecek dan memantau langsung ketinggian debit air di Krueng Keureto, debit air mengalami peningkatan, semoga tidak hujan lagi sehingga debit air sungai menurun dan tidak meluas ke Gampong lain,” ungkap Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Tanah Luas Ipda Yose Rizaldi, Selasa (16/6/2020) siang.

Disebutkan Kapolsek, menjelang siang luapan air sungai di tiga desa itu telah mencapai 20 hingga 30 cm. Pihaknya juga telah memberikan imbauan warga di sekitar daerah aliran sungai untuk waspada menghadapi potensi debit air semakin tinggi.

Kapolsek menjelaskan bahwa dengan melakukan pemantauan debit air Sungai Keureuto Kepolisian dapat mendeteksi dan mengantisipasi jika terjadi banjir parah akibat meluapnya air sungai.

“Langkah penanganan yang tepat dan cepat dapat diambil jika terjadi banjir seperti evakuasi warga. Selain itu kami juga memberikan imbauan kepada warga yang rumahnya di pinggir sungai untuk selalu waspada dengan curah hujan yang tinggi,” ujar Ipda Yose. (*)