Kota Sabang Persiapkan 16 Calon Jamaah Haji dan Akan Berangkat Pada Juni

"Secara nasional, 4 Juni 2022 ini jamaah haji akan diberangkatkan, namun ini sesuai dengan kloter daerah masing-masing kita sering di kloter kedua, mudah-mudahan semua berjalan lancar,"
Sabang persiapkan 16 calon jamaah haji berangkat pada Juni
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang Yasih memberikan sosialisasi terkait ketentuan haji tahun 2022 kepada calon jamaah haji Sabang, di Kota Sabang, Selasa (26/4/2022).

ACEHSATU.COM | Sabang – Kota Sabang persiapkan 16 calon jamaah haji dan akan berangkat pada Juni.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Sabang telah mempersiapkan 16 orang calon jamaah haji (CJH) asal Sabang yang direncanakan akan berangkat ke Tanah Suci pada Juni 2022, sesuai kloter keberangkatan jamaah haji Indonesia.

“Secara nasional, 4 Juni 2022 ini jamaah haji akan diberangkatkan, namun ini sesuai dengan kloter daerah masing-masing kita sering di kloter kedua, mudah-mudahan semua berjalan lancar,” kata Kepala Kantor Kemenag Sabang Yasih di Kota Sabang, Selasa.

Pihaknya bersyukur Pemerintah Arab Saudi kembali membuka penerimaan calon haji pada tahun ini, setelah sempat ditutup akibat pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir.

Indonesia akan memberangkatkan sebanyak 100.051 jamaah haji pada penyelenggaraan haji 1443 H/2022 M. Untuk kloter pertama jamaah haji rencanakan berangkat pada 4 Juni mendatang.

Oleh karena itu, kata dia, Kemenag Sabang juga telah menyiapkan 16 calon jamaah yang akan berangkat.

Tentunya setelah pengurangan dari jumlah awal CJH asal Sabang sebanyak 47 orang, karena terdapat pembatasan kuota berdasarkan usia calon jamaah mengingat masih pandemi.

“Jadi untuk tahun 2022 ini, Kota Sabang akan memberangkatkan 16 calon jamaah haji dan menyiapkan tujuh orang cadangan,” katanya.

Pemerintah Arab Saudi membatasi calon jamaah yang dapat berangkat menunaikan ibadah haji khusus usia di bawah 65 tahun. Sementara usia 65 tahun ke atas belum dibolehkan mengingat masih pandemi.

“Dikhawatirkan nantinya akan terjadi permasalahan yang akan mengganggu proses pelaksanaan haji,” ujarnya.

Menurutnya, semua jamaah haji Sabang telah siap untuk diberangkatkan. Mereka telah melengkapi dan memenuhi persyaratan, baik dokumen maupun persyaratan kesehatan, termasuk suntik vaksin COVID-19 dan booster, serta suntik vaksin meningitis.

Pihaknya juga mengimbau calon jamaah haji agar menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dengan baik.

“Jadi dengan kondisi dan kesehatan yang fit dan mengonsumsi makanan yang bergizi serta minum vitamin, mudah-mudahan untuk kelancaran prosesnya sampai ke sana tidak terjadi hambatan apapun,” katanya.