Korban Amukan Gajah di Aceh Jaya Terima Santunan Masa Panik, Bupati Irfan Tb Minta BKSDA Segera Turunkan Tim

Korban Amukan Gajah di Aceh Jaya Terima Santunan Masa Panik, Bupati Irfan Tb Minta BKSDA Segera Turunkan Tim

ACEHSATU.COM | CALANG – Korban amukan sekawanan gajah liar Marnudin (58) warga Desa Lhok Boat, Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya menerima santunan masa panik dari pemerintah setempat, Jumat (7/8/202).

Marnudin menjadi korban setelah rumah dan kebun seluas 2 hektar berisi sawit dan tanaman lain miliknya luluh lantak dirusak gajah satwa dilindungi itu pada Rabu (5/8/2020).

Melansir Antara, pemilik rumah dan kebun yang di amuk gajah liar di simpang Cehcut Desa Lhok Boat, Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya menerima bantuan masa panik dari Pemkab setempat.

Marnudin pun mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Aceh Jaya atas bantuan yang diberikan kepadanya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati atas bantuan yang diberimaan kepada kami, kami terima dengan lapang dada,” ujarnya, Jumat (7/8/2020).

Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah yang menimpa warganya.

“Hari ini kita serahkan bantuan masa panik kepada warga yang musibah amukan gajah liar, baik berupa bantuan sandang dan juga pangan serta bantuan dana dari baitul mal kita,” ucap T Irfan Tb.

Pihaknya lanjut T Irfan Tb telah menerima laporan terkait kerugian yang dialami warganya itu, yaitu kerusakan 2 hektar kebun sawit sap panen dan seree wangi serta tanaman lainnya.

Minta BKSDA turunkan Tim

Bupati Irfan Tb juga meminta BKSDA Aceh segera merespon dengan menurunkan tim agar kerugian yang dialami warga akibat amukan gajah liar tidak semakin bertambah.

“Kami sangat berharap kepada BKSDA yang punya kewenangan terkait gajah ini dapat dilakukan tindak lanjut agar masyarakat yang digangu kawanan gajah ini terbebas dari kawanan gajah liar,” kata T Irfan Tb.

sebelumnya diberitakan ACEHSATU.COM, konflik antara hewan dan manusia kembali terjadi.

Kali ini puluhan ekor gajah liar dilaporkan meluluhlantakkan dua hektar areal perkebunan kelapa sawit milik warga di Desa Lhok Boat, Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya, sekitar pukul 04.00 WIB, Rabu (5/8/2020).

Tak hanya kebun, rumah beserta isinya milik warga setempat juga ikut menjadi sasaran sekawanan hewan berbelalai itu. (*)