Kopi Arabica Gayo Asal Pantan Musara Aceh Tengah Tertinggi Dalam Lelang Internasional Rp2,5 juta per Kg

Kopi Arabica Gayo Asal Pantan Musara Aceh Tengah Tertinggi Dalam Lelang Internasional Rp2,5 juta per Kg
Petani Kopi Gayo
Seorang petani kopi di dataran tinggi Gayo sedang memetik kopi. Foto Dok. ACEHSATU.com

ACEHSATU.COM | Takengon – Kopi Arabica Gayo Asal Pantan Musara Aceh Tengah Tertinggi Dalam Lelang Internasional. Kopi arabica gayo terjual dengan harga tertinggi Rp2,5 juta per kilogramnya dalam lelang internasional.

Salah seorang peserta lelang Armiyadi asal Kabupaten Aceh Tengah mengatakan kopi Gayo dengan harga tertinggi tersebut merupakan kopi juara pertama hasil uji cita rasa pada ajang kompetisi Indonesia Cup of  Excellence (CEO) 2021.

“Pada lelang tadi malam terjual dengan harga Rp2,5 juta per kilogram. Kopi dari Pantan Musara Aceh Tengah milik Dilen Ali Gogo,” kata Armiyadi, Jumat.

Menurutnya kopi Gayo katagori green bean ini terjual sebanyak 210 kilogram dengan total harga jual Rp525 juta. 

Pembelinya adalah sebuah perusahaan asal Jepang atas nama perusahaan Wataru Co Ltd.

Armiyadi menyebut harga jual tersebut sangat tinggi dibandingkan harga normal kopi arabica Gayo di pasaran saat ini dengan harga tertinggi Rp90.000,- per kilogramnya untuk katagori green bean.

“Jadi lelangnya tadi malam secara online,” ujar Armiyadi.

Dia menjelaskan lelang secara online ini digelar pada Kamis malam (27/1/2022) di Bandung, Jawa Barat. 

Kopi yang dilelang merupakan kopi juara hasil uji cita rasa pada ajang CEO 2021 yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia.

“Indonesia Cup of Excellence merupakan ajang kompetisi untuk uji cita rasa kopi terbaik se Indonesia. Panitia memilih kopi terbaik dari peringkat 1 sampai 26. Kemudian kopi inilah yang dilelang secara online,” tutur Armiyadi.

Dia menjelaskan untuk menentukan kopi terbaik pada kompetisi CEO panitia mengirimkan sampel kopi setiap peserta ke berbagai negara untuk dilakukan uji cita rasa oleh para pakar.

Hasilnya kata dia kopi arabica Gayo asal Pantan Musara Kabupaten Aceh Tengah milik Dilen Ali Gogo dinobatkan sebagai pemenang juara pertama dengan score tertinggi hasil uji cita rasa yaitu 89.28 poin.

“Untuk kopi Gayo diantaranya masuk sebagai juara 1, kemudian ada juara 3, juara 7, juara 16, juara 23, kemudian kopi saya sendiri itu masuk rangking 24,” demikian Armiyadi.

Harga Kopi Gayo
Kopi Arabica Gayo Asal Pantan Musara Aceh Tengah Tertinggi Dalam Lelang Internasional Rp2,5 juta per Kg

Berita sebelumnya Harga Kopi Gayo Mulai Naik Sejak Sepekan Terakhir

Harga kopi arabica Gayo jenis green bean asalan bergerak naik yakni dari Rp55 ribu per kilogram menjadi Rp60 ribu per kilogram dalam sepekan terakhir.

“Kenaikan harga kopi dalam sepekan terakhir menyusul naiknya harga komoditas ini di pasar global,” kata Ketua Koperasi Kopi Wanita Gayo, Rizkani Ahmad di Takengon seperti melansir ANTARA, Kamis (30/9/2021).

Sebagai salah satu eksportir kopi di Aceh Tengah ia menjelaskan harga kopi arabica Gayo naik rata-rata Rp5.000,- per kilogram dari harga sebelumnya.

Lebih rinci ia menyebutkan untuk green bean asalan Rp60.000 per kilogram dan DPT (Dry proces) Rp68.000,- per kilogram dan siap ekspor Rp70.000,- per kilogram.