Kondisi Membaik, PDP Langsa Jalani Isolasi Mandiri

Kondisi Membaik, PDP Langsa Jalani Isolasi Mandiri

ACEHSATU.COM [ KOTA LANGSA –  Masih ingat dengan ibu rumah tangga inisial N (43) yang seminggu pulang berobat kangker pangkreas di RSU Adam Malik, Kota Medan mengalami sesak nafas, demam tinggi, batuk berdahak dan lemas sehingga harus dilarikan ke RSU Langsa tiga hari lalu dan ditetapkan status PDP karena dilihat dari gejala yang dialami dan riwayat perjalanan.

Alhamdulillah, Kamis (23/4/2020), pasien PDP ini kondisinya membaik dan diperbolehkan pulang kerumah namun tetap  menjalani isolasi mandiri selama 14 hari kedepan dengan pengawasan dari Dinas Kesehatan Kota Langsa.

“Dengan  pulangnya  N kerumah maka Kota langsa tidak ada lagi menangani PDP,” ujar Walikota Langsa yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Usman Abdullah dalam konferensi pers, Jumat (24/4/2020).

Berdasarkan laporan yang disampaikan tim medis yang menangani pasien tersebut, lanjut Toke Seum sapaan akrab Walikota Langsa,  yang bersangkutan tidak lagi mengalami sesak nafas, batuk juga sekali-kali  dan berdasarkan  foto thorax ulang, tidak menunjukkan perburukan dan hasil pemeriksaan darah rutin ulang dalam batas normal.

Pasien PDP tersebut dari awal memang negatif hasil rapid tesnya, namun dari gejala dan riwayat perjalanan, tim medis tidak mau ambil resiko khawatir terpapar virus Corona sehingga merawat N, begitu juga dengan keluarganya  juga di lakukan rapid tes dan hasilnya

“Sesuai protap kesehatan, yang bersangkutan akan dilakukan rapid test kembali, Senin (27/4/2020), jika hasilnya negatif maka status PDPnya kembali nol namun, jika positif N akan dirujuk ke RSUZA,  Banda Aceh untuk dilakukan tes swab tenggorokan,” tutup Usman Abdullah sembari menambahkan, selama menjalani karantina, keluarga N mendapat bantuan sembako dari Pemko Langsa. (*)