Kompetisi Sain Nasional (KSN) se-UPTD SD Negeri Kecamatan Juli 2022

Iskandar, S.Pd selaku Ketua K3S SD se-Kecamatan Juli menyampaikan kegiatan KSN ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pendidik agar berkreasi dan menciptakan siswa-siswi yang berprestasi dengan jiwa kompetisi yang tinggi.
Iskandar, S.Pd
Doc. Iskandar, S.Pd Ketua K3S UPTD SD Kecamatan Juli

ACEHSATU.COM | Bireuen -Kompetisi Sain Nasional (KSN) se-UPTD SD Negeri Kecamatan Juli 2022.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat SD merupakan salah satu wadah strategis untuk menyiapkan sumber daya manusia memiliki kemampuan yang andal di bidang sains dan memiliki karakter kuat, kokoh, tahan uji.

Seluruh Sekolah yang berada di Kecamatan juli ikut berpartisipasi dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat SD se-Kecamatan Juli.

Kegiatan KSN dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 15 Juli. KSN tersebut diikuti peserta dari 19 SD yang ada di kecamatan juli, setiap sekolah mengirim 2 peserta lomba dengan jumlah total 76 peserta.

Sejumlah 19 peserta mengikuti lomba bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 19 peserta lainnya berpartisipasi pada lomba bidang Matematika.

Pengawas Pelaksanaan KSN se UPTD SD Kecamatan Juli ,Munzilin, S.Pd dan Melliza, S.Pd

Ketua panitia pelaksana KSN kecamatan Juli Bahktiar S.Pd, mengatakan kegiatan KSN sangat baik dilaksanakan untuk menempa dan mengasah kemampuan siswa dalam bidang sains

Agar kelak bisa menemukan inovasi-inovasi baru dalam penerapan teknologi tepat guna untuk memenuhi dan memudahkan manusia dalam menyelesaikan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya.

Dia berharap kegiatan KSN dapat ditingkatkan terus kualitasnya dari tahun ke tahun.

“Selamat berjuang bagi seluruh peserta perwakilan seluruh sekolah se-UPTD Juli, semoga bisa menjawab soal KSN dengan lancar dan bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Apapun hasilnya nanti, jadikan hal ini pengalaman yang berharga,” tutur Bahktiar, S.Pd.

Iskandar, S.Pd selaku Ketua K3S SD se-Kecamatan Juli menyampaikan kegiatan KSN ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pendidik agar berkreasi dan menciptakan siswa-siswi yang berprestasi dengan jiwa kompetisi yang tinggi.

Iskandar juga berharap agar siswa-siswi yang nantinya juara agar mendapatkan bimbingan khusus sehingga nantinya bisa bersaing ke tingkat kabupaten, provinsi bahkan tingkat nasional.

Ketua K3S Juga menambahkan, seluruh peserta KSN akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya yaitu tingkat Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah melalui jalur prestasi.

Acara KSN dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (DIKDAS) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten melalui Ketua K3S Iskandar, S.Pd. yang juga kepala sekolah SD Negeri 7 Juli.

Dalam sambutannya, Kabid Dikdas mengatakan KSN merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter.

Selain itu, diadakannya KSN juga sebagai strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di daerah Kecamatan Bireuen.

“Kompetisi sains ini diharapkan dapat membangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya untuk bisa memakmurkan dan memajukan daerah Bireuen,” Ungkat Iskandar.

“Bagi peserta didik yang juara jangan pernah merasa jadi super, dan yang tidak juara jangan merasa minder. Semangat lah dalam berkompetisi dan kejarlah ilmu sebanyak-banyaknya.

Ciptakan Kecamatan Juli menjadi wilayah yang makmur dan maju ditangan generasi kalian kelak,” tambahnya.