Kominfo Tamiang Gelar Peningkatan Kapasitas Kelembagaan, Wujudkan Satu Data

Kominfo Tamiang menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan statistik sektoral untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya data.
satu data tamiang
Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Aceh Tamiang menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Statistik Sektoral dilingkungan Pemkab Tamiang. Selasa (5/10/2021) acehsatu.com/ist

ACEHSATU.COM | ACEH TAMIANG – Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Aceh Tamiang menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan statistik sektoral untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya data untuk sebuah lembaga instansi Pemerintah dalam upaya mewujudkan satu data Indonesia, Selasa (5/10/2021).

Asisten Administrasi Umum Adi Darma, mewakili Bupati membuka kegiatan tersebut. Adi Darma mengatakan Pemerintah Kabupaten sangat mendukung kegiatan ini, karena seringkali data yang di dapat tidak jelas dan tidak konsisten.

“Ini yang sebenarnya menjadi permasalahan di tengah-tengah kita, minimnya aparatur yang paham bahwa data itu penting,” kata Adi Darma.

Maka dari itu, dirinya berharap agar dengan adanya kegiatan ini, para peserta dapat menyatukan pemahaman  tentang pentingnya dan terkait penyediaan data yang akurat.

satu data tamiang
Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Aceh Tamiang menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Statistik Sektoral dilingkungan Pemkab Tamiang. Selasa (5/10/2021) acehsatu.com/ist

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Kominfosan Aceh Tamiang, Bastian menjelaskan statistik sektoral ialah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan.Kegiatan ini lanjut Bastian berlangsung selama dua hari, 5-6 Oktober 2021

Bastian juga menjelaskan bahwa Unit kerja statistik sektoral di daerah terbentuk dengan terbitnya PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah diberi kewenangan atas urusan statistik di daerah yang memiliki kewenangan dalam pengelolaan dan penyebarluasan data daerah.

Kegiatan ini mengikutsertakan seluruh Kasubbag Umum dan Kepegawaian OPD, Kasubbag terkait pada Bagian Setdakab dan Sekwan Kabupaten Aceh Tamiang. (*)