oleh

Komika Tretan Muslim dan Coki Pardede Mundur dari Majelis Lucu Indonesia, Minta Maaf Setelah Buat Vlog Masak Babi Campur Kurma

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Stand up comedian Tretan Muslim dan Coki Pardede memutuskan untuk menanggalkan profesinya sebagai seorang komedian serta mundur dari keluarga besar Majelis Lucu Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh keduanya melalui channel YouTube Majelis Lucu Indonesia pada Selasa, (30/10/2018).

Mengawali pembicaraan, keduanya mengungkapkan permohonan minta maaf soal aksi memasak dengan mencampurkan daging babi dan kurma.

Dikatakan oleh Muslim, bahwa apa yang dilakukannya pada video tersebut murni adalah idenya sendiri tanpa mengaitkan diri dengan MLI, walaupun nama MLI telah melekat dengan sosok Tretan dan Coki.

“Karena kemarin kita bikin ribut – ribut, kami minta maaf atas kegaduhan yang telah kami buat. Hal itu karena berdampak buruk dengan teman baik kami yang dicekal di beberapa kota saat tur. Juga nama baik Majelis Lucu Indonesia (MLI) yang sebenarnya tidak ada sama sekali hubungannya dengan video itu.” Papar Tretan Muslim.

BACA: Pengadilan HAM Eropa Terbitkan Aturan Larangan Hina Nabi Muhammad

Tretan menyampaikan bahwa apa yang ia lakukan murni karena ketidaktahuan akan batasan – batasan mengenai penistaan agama. Karena menurutnya apa yang dilakukannya tidak melanggar norma agama.

“Saya Islam, dan saya juga merupakan stand up comedian. tujuan saya membuat konten adalah untuk menyebarkan toleransi. Sebagai manusia, saya juga bisa kebablasan dan mempunyai rasa khilaf. Namun tidak bermaksud untuk menyinggung agama maupun golongan apapun,” jelas Muslim.

Untuk menebus rasa bersalah mereka serta meminta maaf kepada pihak yang telah merasa dirugikan atas perbuatan Muslim dan Coki, keduanya memutuskan untuk bertanggung jawab, dengan mundur dari panggung hiburan tanah air.

“Permasalahan biasanya selalu berakhir dengan minta maaf, maka selain meminta maaf inilah bentuk tanggung jawab kami,” kata Coki.

“Mulai saat ini kami memutuskan untuk mundur dari Majelis Lucu Indonesia dan dunia hiburan khususnya panggung stand up comedy,” lanjutnya.

Keputusan ini dibuat oleh keduanya dengan tujuan untuk mempelajari hal – hal baik, dan menghindarkan masalah yang sama terulang kembali.

Sebagai tambahan informasi, murkanya netizen yang menyebut dua komedian ini menistakan agama karena ada pengucapan yang mengatakan jika makanan halal dan haram dicampur, kadar keharamannya akan berkurang.

BACA: Ini Sosok Pemilik Reklame yang Menghina Nabi

“Makanan halal tercampur dengan makanan haram, hukumnya tetap haram dodol! Bisanya mempermainkan agama di media sosial. bisanya bicara di dunia, pas waktu di akhirat enggak bisa lagi bicara apa- apa. Taubat woyy sebelum ajjal menanti!…(maaf hanya memberitahu saja.)” tulis Anissa di kolom komentar.

Memang pada saat memasak daging babi, dua sahabat ini mempertanyakan mengenai haram dan halalnya daging tersebut saat dicampur kurma.

“Kira – kira apa yang terjadi jika makanan haram si babi ini dicampur dengan yang halal seperti sari kurma dan madu? Saat dimasak mungkin kadar keharaman dari daging babi akan berkurang karena meresap sari kurma ke dalam daging ini,” celoteh Muslim dan Coki pada video yang diunggah di channel milik Tretan Muslim, Sabtu (20/10/2018). (*)

Sumber: Okezone.com

Komentar

Indeks Berita