Berita Lainnya

Hukum

Politik

Luhut Binsar Pandjaitan
Komentar Terbaru Luhut soal Covid: Kalau Sudah Divaksin-Tak Ada Komorbid, Ya Jalan-jalan Saja. | Foto: dok. Kemenparekraf

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Komentar Terbaru Luhut soal Covid: Kalau Sudah Divaksin-Tak Ada Komorbid, Ya Jalan-jalan Saja.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali membuat pernyataan ke publik terkait situasi penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Indonesia.

Luhut mengatakan mengatakan warga yang sudah disuntik vaksin Corona atau COVID-19 secara lengkap tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Luhut juga menyebut bahwa kasus meninggal akibat Corona mayoritas terjadi pada orang yang belum divaksinasi.

BACA JUGA: Luhut Minta Lansia Kriteria Ini Tak Keluar Rumah Sebulan ke Depan

Luhut awalnya menjelaskan soal 60 persen pasien meninggal akibat Corona varian Omicron merupakan orang-orang yang belum divaksinasi. Selain itu, dia menyebut pasien meninggal banyak dari orang dengan penyakit penyerta atau komorbid dan lanjut usia.

“Enam puluh persen kalau saya nggak keliru tadi, itu orang yang belum divaksin satu atau dua. Kedua, itu umumnya yang komorbid dan ketiga orang-orang yang sudah tua,” ucap Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (14/2/2022).

Luhut meminta warga tak perlu khawatir berlebihan. Dia mengatakan orang-orang yang sudah divaksinasi COVID-19 secara lengkap dan tidak punya penyakit bawaan tetap bisa jalan-jalan.

“Kalau memang dia sudah divaksin, sudah dua kali, sudah booster, tidak ada komorbid, ya, jalan-jalan saja. Nggak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan,” ucap Luhut.

Dia menyebut belum ada rencana pengetatan pengawasan aktivitas warga. Menurutnya, pemerintah malah sedang berupaya melakukan pelonggaran.

“Tapi dengan monitoring yang ketat,” ucap Luhut.

Minta tak Keluar Rumah

Sementara seperti diberitakan sebelumnya, Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan meminta warga berusia 60 tahun ke atas yang mempunyai penyakit turunan (komorbid) dan belum disuntik vaksin untuk tidak ke luar rumah selama sebulan ke depan.

“Buat teman-teman yang umurnya 60 tahun ke atas dan belum divaksin, punya komorbid, saya sarankan jangan keluar dari rumah,” ujar Luhut dalam ‘Harlah ke-96 NU di NTT’ yang disiarkan secara daring, Sabtu (5/2).

Saran itu ia sampaikan dengan melihat peningkatan kasus positif Covid-19 yang cukup drastis dalam beberapa hari terakhir. Selain itu, berdasarkan data yang ia punya, kebanyakan pasien Covid-19 yang meninggal dunia adalah warga lanjut usia.

“Karena data yang ada yang saya katakan tadi sebagian besar yang meninggal itu adalah orang-orang yang sudah sepuh, ada komorbid dan belum vaksin,” tutur dia.(*)