KNPI Subulussalam Galang Bantuan untuk Muslim Rohingnya yang Terdampar di Aceh Utara

Laporan Rinto Berutu

ACEHSATU.COM | SUBULUSSALAM –Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Subulussalam pada Rabu (1/7/2020) menggelar aksi solidaritas penggalangan dana untuk membantu muslim Rohingnya yang terdampar di pantai Aceh Utara.

“Gerakan kita ialah aksi penggalangan dana kepada masyarakat untuk nantinya dapat membantu mereka, Muslim Rohingnya yang terdampar di Aceh Utara Lhokseumawe” Kata Ketua DPD KNPI Kota Subulussalam, Edi Sahputra Bako SSos.

Usai penggalangan dana, pengurus DPD KNPI Kota Subulussalam juga membuka posko di seputaran Jalan Teuku Umar, tepatnya di depan Lapangan Beringin Kota Subulussalam.

Aksi solidaritas Pengurus DPD KNPI Kota SUbulussalam untuk Muslim Rohingya yang terdampar di Aceh. | Foto: ACEHSATU.COM/Rinto Berutu

Hal itu kata Edi Bako, karena pihaknya berencana akan terus melakukan kegiatan serupa hingga beberapa hari ke depan.

“Aksi perdana hari ini donasi yang sudah kita terima berupa uang sebanyak Rp2,7 juta dan beberapa barang berupa pakaian. Nantinya donasi yang terkumpul kita serahkan langsung ke basecamp penampungan di Lokseumawe sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan tentunya,” ujar Edi Bako.

Ketua KNPI itu juga sempat meluapkan rasa prihatinnya terkait nasib etnis Rohingya yang terusir dari tanah kelahiran mereka. Menurutnya, hampir semua negara di dunia ini tidak bersedia kehadiran mereka.

“Membiarkan mereka terombang-ambing di tengah laut merupakan sikap yang tidak manusiawi,”

“Jerit tangis anak-anak menambah empati kita bersama, selaku manusia yang seiman sudah sepantasnya kita peduli dan membantu saudara-saudara kita muslim rohingnya, maka kita harus hadir untuk membantu mereka atas dasar kemanusiaan dan iman”,  tandas Edi. (*)