Kisah Yosep Mangunsong Menjadi Mualaf di Kota Langsa

Pemuda 23 tahun dengan tekad bular ini pun akhirnya memilih menjadi mualaf di Kota Langsa
Mualaf di Kota Langsa
Proses mengucap dua kalimat syahadat di Mesjid Syuhada Gampong Meutia, Kota Langsa Selasa (01/12/2020). Foto Marida Fitrian

Mualaf di Kota Langsa

ACEHSATU.COM | LANGSA – Hari-hari Yosep Mangunsong disi dengan kesibukannya berjualan sate di seputaran Kota Langsa.

Penganut agama Nasrani ini tidak pernah terpikir akan memeluk agama Islam.

Yoseph Mangunsong diam-diam tertarik dengan agama Islam.

Namun tekadnya semakin kuat untuk hijrah setelah bertemu dengan Agus Mandor.

Pemuda 23 tahun dengan tekad bular ini pun akhirnya memilih menjadi mualaf di Kota Langsa.

Warga Dusun Kamboja Kampung Kebun Tengah, Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang akhirnya masuk Islam dan mengucap dua kalimat syahadat di Mesjid Syuhada Gampong Meutia, Kota Langsa Selasa (01/12/2020).

Namanya pun berganti menjadi Muhammad Yusuf.

Mualaf di Langsa
Proses mengucap dua kalimat syahadat di Mesjid Syuhada Gampong Meutia, Kota Langsa Selasa (01/12/2020). Foto Marida Fitriani

Pemuda yang kesehariannya berjualan sate ini mengisahkan keinginannya memeluk agama islam sudah ada sekira satu bulan yang lalu.

Namun keinginannya baru terwujud malam ini saat bertemu Agus Mandor seorang pemuda yang tidak asing di Kota Langsa.

“Malam  ini saya bisa memeluk agama Islam dengan dibawa bertemu Tgk Salahuddin oleh bang Agus,” ucapnya.

Selanjutnya di depan para jamaah shalat Isya, Yosep mangunsong dituntun untuk membacakan dua kalimat syahadat oleh Tgk Salahuddin Muhammad, SHi .

Ketua Tastafi yang juga ketua MPU Kota Langsa, Tgk Salahuddin Muhammad, SHi membenarkan bahwa telah datang seorang pemuda untuk disyahadatkan sesaat sebelum pengajian dimulai.

“Setelah mengucapkan dua kalimat  Syahadat, Yosep Mangunsong pun kita beri nama Islam yaitu  Muhammad Yusuf Mangunsong,” ujar Tgk Salahuddin Muhammad .

“Alhamdulilah, telah bertambah saudara kita yang dengan kesadaran dan keikhlasan memeluk agama Islam. Insyallah akan kita bina dan kita bimbing untuk dapat menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran Islam”, sebut Tgk Salahuddin.

Dijelaskannya, selanjutnya Yusuf  diminta untuk datang ke kantor MPU Kota Langsa guna proses pengurusan administrasi dan nantinya akan dilakukan pembinaan tentang fiqih, tasawuf, serta tata cara menunaikan shalat lima waktu sesuai ajaran Islam.

“Kita akan membina saudara kita ini dengan akhlak yang sesuai dengan tuntunan dan sunah Rasulullah,” pungkas Tgk Salahuddin. (*)