KIP Aceh Tetapkan Tahapan Pilkada 2022

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan Tahapan Program dan Jadwal pelaksanaan Pilkada Aceh Tahun 2022 di Aula KIP setempat, Selasa (19/01/2021).
Tahapan Pilkada 2022
Foto HO/ACEHSATU.com

Tahapan Pilkada 2022

ACEHSATU.COM |  BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan Tahapan Program dan Jadwal pelaksanaan Pilkada Aceh Tahun 2022 di Aula KIP setempat, Selasa (19/01/2021).

Tahapan Program dan Jadwal pelaksanaan Pilkada Aceh Tahun 2022 telah dituangkan dalam Salinan Surat Keputusan Komisi Independen Pemilihan Aceh Nomor 1/PP/01.2-Kpt/11/Prov/I/2021 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati/Wali Bupati dan Walikota/Wakil Kota dalam Provinsi Aceh Tahun 2022, SK tahapan bisa diakses melalui website KIP Aceh .

Sebelum penetapan tahapan secara resmi, KIP Aceh bersama KIP Kabupaten/Kota juga melakukan rapat koordinasi dan singkronisasi serta pencermatan tahapan Pilkada Aceh Tahun 2022.

Tujuannya agar nantinya tidak ada tahapan-tahapan yang saling bertabrakan antara tahapan Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur dengan Bupati/Wali Bupati dan Walikota/Wakil Kota.

Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri menyampaikan bahwa sesuai dengan Ketentuan Pasal 66 ayat (1) Undang-Undang nomor 11 tahun 2006 tentang pemerintah Aceh menyebutkan bahwa tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/ Wakil Bupati, dan Walikota/Wakil Walikota ditetapkan oleh KIP Aceh.

“Penetapan tahapan dan jadwal pilkada aceh tahun 2022 ini bukan karena sebuah tekanan atau pesanan pihak-pihak tertentu namun ini merupakan murni perintah undang-undang dan kita wajib melaksanakan perintah tersebut dan kita melaksanakannya,” tegas Syamsul Bahri.

Tahapan Pilkada 2022
Foto HO/ACEHSATU.com

Rapat pleno penetapan tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada Aceh tahun 2022 tersebut digelar bersama 23 KIP Kab/kota.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut selain ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri dan wakil ketua Tharmizi serta komisioner lainnya Ranisah, Akmal Abzal, Munawarsyah, Muhammad dan Agusni AH. (*)