Kia Luncurkan Sportage PHEV 2023, Diklaim Lebih Efisien

Kia telah meluncurkan SUV Kia Sportage PHEV 2023, yang mengkombinasikan mesin bensin 1,6 liter turbo bersama motor listrik 66,9 kW dan diklaim lebih efisien.
Sportage PHEV 2023
Kia Sportage PHEV 2023. (ANTARA/Kia)

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Kia telah meluncurkan SUV Kia Sportage PHEV 2023, yang mengkombinasikan mesin bensin 1,6 liter turbo bersama motor listrik 66,9 kW dan diklaim lebih efisien.

Dengan baterai 13,8 kWh, Sportage PHEV ini mampu menjangkau 32 mil atau sekitar 50 km dengan tenaga listrik saja (all-electric).

“Sportage PHEV pertama yang diperkenalkan di AS menunjukkan bahwa Kia mendengarkan konsumen kami yang meminta solusi elektrifikasi dan powertrain super efisien, dan Sportage memenuhi janji itu dalam paket yang canggih dan halus,” kata Sean Yoon, presiden dan CEO Kia America dan Kia Amerika Utara, dalam pernyataan resmi, dikutip Minggu.

Sportage PHEV ini menambahi jajaran SUV subkompak Kia dengan dua level trim X-Line yang berfokus pada desain yang menjadi standar dengan penggerak semua roda. Sportage PHEV direncanakan mulai dijual pada kuartal ketiga tahun ini dan harga akan diumumkan jelang penjualan.

Dengan mesin bensin empat silinder 1,6 liter turbocharged, Sportage PHEV bisa menghasilkan tenaga maksimum 177 tenaga kuda. Dilengkapi motor listrik 66,9 kW dan baterai lithium polimer 13,8 kWh, SUV ini didukung dengan transmisi otomatis 6-percepatan, dengan mode penggerak yang dapat dipilih, seperti halnya Downhill Brake Control (DBC).

Pengisian daya dilakukan berkat pengisi daya terpasang berefisiensi tinggi 7,2 kW, dengan kepadatan daya terbaik pada 1,53 kW/. Saat terhubung ke pengisi daya Level-2, Sportage PHEV akan membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mengisi penuh baterainya.

Integrated Electronic Brake (IEB), standar pada Sportage PHEV, menggabungkan fungsi kontrol dan pembangkitan tekanan hidraulik. Nuansa pengereman linier diwujudkan oleh kontrol elektronik menggunakan motor, dan Sportage PHEV menawarkan tingkat pemulihan pengereman regeneratif yang lebih tinggi, dibandingkan para pesaingnya.

Sportage PHEV 2023
Kia Sportage PHEV 2023. (ANTARA/Kia)

Menggunakan platform “N3” seperti Sorento, sasis Sportage PHEV terdiri dari baja berkekuatan ultra tinggi untuk meningkatkan kekuatan tarik rata-rata dan kekakuan torsional. Bahan penyerap dan isolasi suara meminimalkan kebisingan jalan, angin, dan mesin.

Seperti semua model Sportage generasi kelima, Sportage PHEV 2023 kini menjadi salah satu SUV terbesar di kelasnya. Dengan ruang kaki belakang 39,5 inci dan kapasitas kargo belakang 34,5 cu.-ft., Sportage PHEV memberi penumpang belakang ruang untuk bersantai.

Sportage PHEV ditawarkan dalam dua trim level atau varian, X-Line PHEV AWD dan X-Line Prestige PHEV AWD. Gaya X-Line memadukan fitur eksterior yang sporty dan diklaim kokoh, termasuk bumper depan dan belakang yang unik dengan lapisan krom satin, kaca spion samping, rak atap, dan penutup jendela dalam warna hitam mengkilat, serta velg 19 inci hitam mengkilap.

Pada interiornya, mobil ini memiliki kokpit pengemudi futuristik dengan layar lengkung panorama ganda yang tersedia menghubungkan dua layar untuk tampilan hampir 25 inci (kluster instrumen digital 12,3 inci, layar infotainment 12,3 inci).

Untuk menambah kenyamanan, Kia menambahkan layanan Kia Connect yang menyediakan konektivitas tertanam yang canggih untuk membawa pengalaman pelanggan ke segalanya level, termasuk kemampuan untuk mengisi daya dari jarak jauh dari aplikasi ponsel cerdas Kia Access.

Kia Connect memperkenalkan Wi-Fi Hotspot yang dapat menghubungkan sebanyak lima perangkat ke internet berbasis 4G LTE, pembaruan peta over-the-air, kemampuan pelacakan dan imobilisasi kendaraan curian, dan Connected Routing yang menghitung rute optimal menggunakan peta waktu nyata dan prediksi info lalu lintas berdasarkan informasi historis dan kecerdasan buatan. (*)