oleh

Kesadaran Masyarakat Kota Langsa Menyembelih Kurban Sudah Sangat Tinggi

Kesadaran Masyarakat Kota Langsa Menyembelih Qurban Sudah Sangat Tinggi

ACEHSATU.COM | LANGSA — Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Langsa Drs H Ibrahim Latif MM atau yang sering disapa Wak Him mengatakan, kesadaran masyarakat Kota Langsa dalam menunaikan kewajibannya menyembelih hewan kurban di jalan Allah sudah sangat tinggi.

Betapa tidak, tahun ini (tahun 1441 H/ 2020 M- red) hampir semua masyarakat Kota Langsa di gampong menyembelih hewan kurban.

Rata rata tiap gampong menyembelih hewan kurban antara 10 sampai 20 ekor sapi dan kambing.

Paling sedikit satu gampong ada menyembelih lima ekor sapi.

“Itu belum termasuk kambing, ” ujar ketua IPHI kota Langsa kepada ACEHSATU.com, Sabtu (1/8/2020).

Bahkan kalau gampong gampong besar seperti gampong Paya Bujuk Tunong, Paya Bujuk Seleumak, Karang Anyer, Gp. Jawa, Gp. Blang, Gp. Teungoh, Gp. Meutia,  Matang Selimeng itu mencapai antara 25 sd 50 ekor sapi per gampong.

Itu belum termasuk sumbangan para ASN, organisasi kemasyarakatan dan sumbangan dari majelis pengajian.

“Diperkirakan tahun ini, mencapai  1.000 ekor sapi yang tersebar di enam puluh enam gampong dalam wilayah kota Langsa,” ungkap Ibrahim Latif.

Dukungan Walikota Langsa

Menurut Wak Him, yang juga sebagai ketua Da’i Kota Langsa tingginya motivasi warga kota Langsa untuk  Berqurban di jalan Allah  tidak terlepas dari suport Walikota Langsa Usman Abdullah.

Walikota Langsa Tgk Usman Abdullah jauh jauh sebelumnya telah meminta  para pegawai dalam lingkungan pemko Langsa dan instansi Vertikal untuk membentuk kelompok arisan Qurban juga telah dihimbau kepada seluruh Keuchik dalam wilayah kota Langsa untuk kelompok arisan Qurban di jajaran perangkat gampong masing- masing.

Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk Berqurban di jalan Allah  juga tidak terlepas dari peran Da’i dalam menyampaikan dakwahnya ke setiap gampong.

“Juga di seluruh gampong dalam telah ada dayah dayah atau pesantren dan telah ada  pengajian pengajian majlis taklim di setiap gampong. Dengan demikian kesadaran masyarakat untuk menyembelih hewan Qurban sudah semakin tinggi.

“Diperkirakan seluruh masyarakat miskin di seluruh gampong dalam wilayah kota Langsa dapat menikmati daging Qurban di tahun ini, ” pungkas Ibrahim Latif. (*)

Indeks Berita