Lingkungan Hidup

Kepala BKSDA Aceh: Kami Rencanakan Menggiring Kembali Gajah di Leuser

Namun usaha menggiring belum berhasil, karena berbagai hal seperti cuaca panas, gangguan aktivitas masyarakat serta medan yang cukup berat.

Foto | Istimewa

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH  – Terkait laporan adanya gangguan gajah liar di Kecamatan Lauser, Kabupaten Aceh Tenggara mendapatkan respon cepat dari pihak BKSDA Aceh.

Kepala Balai Konservasi  Sumber Daya (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan, BKSDA bersama BBTNGL dan mitra seperti FKL, WCS, didukung Pemerintah Kabupaten  Aceh Tenggara sudah melakukan upaya menggiring gajah ke dalam kawasan TNGL selama 3 minggu bulan Agustus lalu.

BACA: BKSDA Aceh Lakukan Ground Check Kematian Paus di Pantai Bagok

Namun usaha menggiring belum berhasil, karena berbagai hal seperti cuaca panas, gangguan aktivitas masyarakat serta medan yang cukup berat.

Sapto menambahkan,  pihaknya akan merencanakan kembali menggiring kembali, dan menunggu waktu yang pas serta ketersediaan anggaran serta diperlukan dukungan masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di jalur itu untuk sementara waktu.

BACA: 22 Ekor Gajah Rusak Lahan Warga di Pante Peusangan

“Saat ini kondisi gajah juga ada yang sakit setelah digiring karena dehidrasi dan kelelahan, sambil menunggu waktu itu, kami akan melatih masyarakat dalam penanggulangan konflik gajah,” ujar Sapto (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top