oleh

Kenapa Hanya Panglima Kami yang Dipanggil Komnas HAM?

-Suara Anda-153 views

TERKAIT dengan pemanggilan Mualem oleh Komnas HAM Indonesia. Apakah Komnas HAM sudah buta dan tidak bisa bisa menilai siapa yang melanggar HAM di Aceh.

Mulai dari Pemerintah Soekarno, Soeharto kami selalu dibantai, tapi kenapa pihak yang dibantai yang dianggap melanggar HAM, aneh…

Jenderal Wiranto dan anak buahnya kapan diadili di pengadilan internasional.

Kami mantan kombatan TNA ingin para jenderal yang terlibat dalam kejahatan HAM baik sebelum darurat militer dan setelah darurat militer di adili di tingkat internasional.

Pemerintah Indonesia jangan membuat ulah di Aceh, sudah cukup penderitaan yang kami rasakan, siang malam kami kami mengalami kekerasan dari militer Indonesia sebelum tahun 2005.

Ini tidak akan lekang di benak kami sampai akhir dunia.

Apalagi dalam beberapa hari ini ada pemanggilan terhadap panglima tertinggi kami,dan ini menjadi sebuah peluang membuka konflik baru di Aceh.

Jangan salahkan rakyat Aceh jika konflik kembali terjadi, tapi salahkan Komnas HAM.

Kenapa panglima kami yang dipanggil sedangkan panglima TNI dan Polri tidak tersentuh hukum sampai saat ini terkait kejahatan HAM di Aceh yang jelas-jelas dilakukan di depan mata kami para anak bangsa Aceh.

Kami kecewa pada pemerintah Indonesia dalam hal ini dan kami lebih kecewa pada pemerintah Indonesia terkait belum terimplementasinya poin perdamaian yang telah di sepakati bersama di tingkat internasional 2005 silam.

Pemerintah Indonesia harus bertanggung jawab terkait pelanggaran HAM berat di Aceh, jangan lempar batu sembunyikan tangan. (*)

Penulis misbahudin ilyas, mantan kombatan GAM berdomisili di Aceh Utara

 

Komentar

Indeks Berita