oleh

Kenali Bakat dan Kecerdasanmu Sebelum Memlilih Jurusan Kuliah

-Kolom-862 views

ACEHSATU.COM – Dalam waktu dekat jalur penerimaan mahasiswa baru 2020 di seluruh perguruan tinggi di Indonesia segera dibuka. Para siswa saat ini sibuk mempersiapkan diri agar bisa lulus tes masuk dan diterima pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit nantinya. Berbagai upaya pun dilakukan.

Salah satu persiapan yang biasa dilakukan oleh para siswa yang kini duduk di kelas XII adalah mengikuti bimbingan belajar (bimbel) pada lembaga-lembaga bimbel yang sudah terbukti dapat meningkatkan kualitas peserta didik dalam menembus tes masuk di PTN.

Namun sebenarnya ada hal lain yang juga sangat penting untuk dipersiapkan agar mereka suskes menyelesaikan pendidikan tinggi bila mereka diterima yaitu bagaimana mengenali bakat dan minat yang seusai dengan passion sendiri.

Mengapa hal itu penting? Sebab dengan mengetahui bakat dan minat yang dimiliki, seseorang akan sangat mudah mengembangkan diri menuju puncak kesuksesan dibanding bila ia tidak dapat mengenali bakat yang ia miliki dengan baik.

Dengan bakat tersebut ia mampu melakukan sebuah upaya dengan tepat, sehingga dapat mengurangi kegagalan. Bakat atau disebut juga sebagai telenta yang anugerahi Tuhan sejak ia dilahirkan.

Salah satu bakat yang dimiliki oleh seseorang yang dibawa sejak lahir adalah soal kecerdasan.

Manusia mempunyai berbagai macam kecerdasan. Baik kecerdasan yang bersifat verbal, visual, dan lain sebagainya. Kecerdasan-kecerdasan tersebut menjadikan seseorang dapat melahirkan berbagai kreativitas dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan mereka.

Dari sebuah literatur yang sangat populer berikut dijelaskan berbagai kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang atau lazim disebut kecerdasan majemuk (multiple intelligences), salah satu teori yang kembangkan oleh Howard Gardner dari Universitas Harvard.

Kecerdasan Verbal Linguistik

Merupakan kepandaian membaca, menulis, bahasa dan berbicara. Kejahatan verbal-linguistik yang Anda miliki akan membantu Anda meyakinkan orang lain agar setuju dengan gagasan Anda. Kecerdasan vebal-linguistik merupakan kecerdasan mendasar untuk mengembangkan life-skill

Kecerdasan numerik

Dengan kecerdasan numerik yang baik, Anda akan pandai menangkap dan mengolah data dengan tepat. Seseorang dengan kecerdasan numerik yang bagus menggunakan angka.
Ketajaman anda dalam mencerna logika akan sangat diperlukan sebagai penyangga utama kecerdasan yang berkaitan dengan uang.

Kecerdasan ruang

Dengan kecerdasan ruang yang baik, anda akan memiliki kemampuan untuk menangkap pola, bentu, dan ruang. Jika anda memiliki kecerdasan ruang, anda akan menjadi mengenali perubahan dengan kecerdasan ruang yang baik anda akan memiliki insting tentang pola , bentuk dan ruang yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Kecerdasan musikal

Dengan kecerdasan musical yang baik, anda akan peka dengan suasana nada dan ritme yang indah. Dengan kecerdasan musical, anda juga akan mampu mengembangkan sebuah nada menjadi sebuah irama yang syahdu.

Kecerdasan fisik

Seseorang yang memiliki kecerdasan fisik yang baik akan mampu mengolah tubuh. Orang-orang yang memiliki kecerdasan fisik akan lebih banyak berprestasi di bidang kegiatan atau aktifitas yang mengandalkan fisik.

Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan interpersonal adalah kecerdasan manusia dalam berintraksi dengan orang lain. Orang-orang dengan kecerdasan interpersonal akan lebih mudah berintraksi dengan memahami orang lain. Orang-orang seperti ini akan lebih mampu menjaga hubungan dan dapat dengan mudah mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuannya.

Kecerdasan intrapersonal

Orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal biasanya akun tekun, disiplin, dapat mengendalikan diri dan dapat memposisikan diri dimanapun berada. Kecerdasan intrapersonal yang anda miliki akan membuat anda menjadi seorang yang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Nah itulah sekilas tentang bagaimana agar adik-adik yang saat ini sedang berpikir dan menentukan pilihan agar dapat memilih perguruan tinggi yang tepat dan program studi yang sesuai dengan bakat dan minatnya. (*)

Komentar

Indeks Berita