Budaya dan Seni

Kenali Adat Perkawinan Aceh yang Megah, Ini Prosesinya

Ada beberapa langkah yang di lakukan untuk acara pesta perkawinan di Aceh.

Foto | Lukfar Razi

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Banyak sekali adat Aceh yang mungkin terlupakan oleh masyarakat Aceh dikarenakan perubahan zaman di era globalisasi ini.

Namun tidak semua adat Aceh yang terlupakan, seperti halnya yang sampai hari ini masih tetap ada di Aceh seperti adat di pesta perkawinan.

Ada beberapa langkah yang di lakukan untuk acara pesta perkawinan di Aceh.

“Jak keumalen” merupakan prosesi yang dilakukan untuk mencari tahu dan mengenal calon istri. Pada prosesi ini biasanya akan bisa dilakukan langsung oleh orang tua atau utusan khusus dari pihak laki-laki.

Selain untuk mengenal keluarga dan calon pengantin perempuan, prosesi ini juga dilakukan untuk saling bersilaturahmi antar keluarga serta memperkenalkan diri kepada keluarga calon pengantin perempuan.

“Jak ba ranub” merupakan prosesi meminang calon pengantin.

Dalam prosesi ini keluarga pihak laki-laki akan mengirimkan utusannya  untuk mengunjungi pihak keluarga perempuan dengan membawakan oleh-oleh seperti sirih, kue, dan lain-lain.

Dalam kunjungan tersebut  utusan akan mengungkapkan maksud dan tujuan mereka kepada keluarga perempuan.

Apabila diterima, maka dilanjutkan dengan musyawarah bersama kedua keluarga.

“Jak ba tanda” merupakan prosesi memperkuat tanda jadi. Pihak laki-laki akan membawakan sirih, makanan, seperangkat pakaian lapek tanda, dan perhiasan.

Barang- barang tersebut kemudian ditaruh ke dalam talam atau dalong yang sudah dihias dan diserahkan kepada pihak perempuan.

Setelah itu, kemudian akan dilanjutkan dengan pembahasan tentang mas kawin, hari dan tanggal, serta undangan atau tamu yang akan diundang.

Di hari pesta perkawinan juga ada acara jak intat linto ataupun tung dara baro.

Dan yang tidak lupa di hari pesta perkawinan jak intat linto ada acara serah terima antara pihak linto baro dan pihak dara baro, hal ini di lakukan oleh keuchik gampong dan Tgk imum gampong.

To Top