oleh

Kemendikbud Terbitkan Aturan Baru Untuk Uraikan Masalah Penyelanggaraan Pendidikan

-Banda Aceh-52 views

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2019/2020.

Menyahuti sistem zonasi sekolah seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2019/2020.

BACA: Pemko Banda Aceh Bebaskan Hafiz Quran Memilih Sekolah Yang Disukai

Dimana sistem zonasi dipakai sebagai cetak biru formula penyelesaiannya masalah yang muncul terkait penyelengaraan pendidikan pada sektor pendidikan formal dan nonformal.

“Secara umum, tidak terdapat perbedaan signifikan antara Permendikbud Nomor 51 Tahun 2019 dengan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 yang mengatur PPDB pada tahun ajaran sebelumnya,” kata Effendy di kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (15/1/19).

Pada tahun ajaran baru mendatang, PPDB dilaksanakan melalui tiga jalur, yakni zonasi (kuota minimal 90 persen), prestasi (kuota maksimal 5 persen), dan perpindahan orangtua peserta didik (kuota maksimal 5 persen).

BACA: Atasi Persoalan Guru 3T, Perwakilan Guru Pulo Aceh Temui Pihak Kemendikbud

Regulasi PPDB untuk tahun ajaran 2019/2020 ini terbit lima bulan sebelum pelaksanaan PPDB. Dengan demikian, dikatakan Mendikbud, pemerintah daerah dapat menyiapkan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) dengan lebih baik, dan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan sosialisasi kepada sekolah dan masyarakat.

Dalam Kutipan yang diterima ACEHSATU.com, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DR Saminan membenarkan hal tersebut.

“Pihak kementrian melakukan zona tersebut agar tidak ada lagi yang namanya sekolah favorit, kalau tahun lalu tidak ada sanksi yang diberikan kepada kabupaten/kota sedangkan tahun ini sanksi tersebut mulai diberlakukan,” tambahnya. (*)

Komentar

Indeks Berita