Kecelakaan Pesawat India, Terbelah Dua, 16 Orang Tewas

ACEHSATU.COM Kecelakaan pesawat India melanda maskapai Air India Express yang tergelincir dan terbelah menjadi dua bagian saat mendarat di landasan pacu Bandara Calicut.

Kecelakaan pesawat India ini setidaknya diketahui 16 orang tewas dan 15 luka parah.

Dilansir dari AFP, Sabtu (8/8/2020), dari total yang meninggal saat ini dua di antaranya merupakan pilot, menurut, Pejabat Kozhikode Seeram Sambasiva.

Polisi senior setempat Abdul Karim mengatakan kepada AFP bahwa 15 penumpang lainnya mengalami luka kritis.

“Kami memiliki sedikitnya 89 orang, banyak dari mereka dengan luka serius, dirawat di rumah sakit Kozhikode yang berbeda. Ambulans masih masuk,” kata Sujith Das, pejabat senior polisi lainnya.

“Kami telah diberitahu bahwa semua yang selamat dari kecelakaan itu juga mengalami beberapa cedera,” sambung dia.

Maskapai ini membawa 191 penumpang. Dengan rincian 174 penumpang, 10 bayi, dua pilot dan lima awak kabin di pesawat itu.

Menurut kementerian penerbangan, pesawat itu jatuh 10 meter (35 kaki) menuruni lereng dari ujung landasan yang disebut landasan pacu meja.

Rekaman televisi menunjukkan badan pesawat jet itu terbelah dan dikelilingi oleh personel darurat yang menyemprot bodi pesawat dengan air meskipun tidak ada tanda-tanda kebakaran.

Sebagian besar orang di dalam pesawat Boeing 737 itu telah dievakuasi. Sedikitnya 35 orang di antara mereka mengalami luka-luka dan telah dibawa ke rumah sakit, kata pihak berwenang..

Pihak maskapai mengatakan terdapat 184 penumpang, termasuk 10 anak-anak. Pesawat dari Dubai bernomor penerbangan IX-1344 itu diawaki tujuh orang, termasuk dua pilot.

Penerbangan tersebut dioperasikan oleh pemerintah India untuk memulangkan warga mereka yang terjebak di luar negeri selama pandemi COVID-19.

Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil India (DGCA) mengatakan pesawat jatuh ke lembah dan patah menjadi dua bagian setelah tergelincir di ujung landasan pacu. Foto-foto yang dilansir media di India menunjukkan pesawat patah menjadi dua bagian.

“Prihatin yang mendalam ketika mengetahui kecelakaan tragis pesawat Air India Express di Kozhikode, Kerala. Telah menginstruksikan NDRF [Badan Penanggulangan Bencana Nasional India] untuk mencapai lokasi sesegera mungkin dan membantu operasi penyelamatan,” tutur Menteri Dalam Negeri Amit Shah dalam cuitan.  (*)

Sumber: detik.com