Kebun Terbakar, Api Setinggi Pohon Kelapa Panikkan Warga Seuneubok Aceh

Petugas Pemadam bersama Kapolsek Peusangan Ipda Nasruddin berada di tkp usai api berhasil dipadamkan, Rabu (16/09/2020) malam. Dok. Acehsatu.com

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Dua pemilik rumah berada di Dusun Paya Karing, Desa Seunebok Aceh, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen sempat panik, kobaran api setinggi pohon kelapa tiba-tiba muncul membakar kayu kering dikebun terpaut 10 meter dari kediaman, Rabu (16/09/2020) sekitar pukul 20:15 WIB.

Keterangan diperoleh AcehSatu.Com di Tkp, sebagian kecil kebun terbakar milik Ibu Safari Ali 70, Ibu Rumah Tangga (IRT), diduga disebabkan sisa bara api bekas pembakaran sampah di kebun tersebut.

Kobaran api dapat dipadamkan petugas pemadam.

“Yang terbakar tumpukan kayu kering tadi apinya setinggi pohon kelapa dan jaraknya sekitar 10 meter dibelakang rumah, maka kami minta bantuan dari pemadam,” ujar Sekdes Safwan 45, didampingi Kapolsek Peusangan Ipda Nasruddin S.Sos dan anggota ditanyai Aceh Satu.Com di TKP.

Sementara Yusniar 36, guru, anak pemilik kebun ditanyai Aceh Satu.Com didampingi sejumlah warga menjelaskan, sebelumnya pukul 18:00 WIB dia membakar sampah dibak/lobang sampah khusus digali di kebun dibelakang rumah.

Selesai dibakar Yusniar mematikan bara api dengan menyiram air.

Namun di luar dugaan saat Yusniar dan tetangganya Ti Aminah 50, ibu rumah tangga lagi duduk di balai dihalaman rumah, tiba-tiba terkejut melihat muncul kobaran api membumbung tinggi di kebun itu.

Spontan mereka bergegas berupaya untuk padamkan api dan warga minta bantuan pemadam kebakaran, sebab titik kobaran api berada ±10 meter dibelakang rumah Ti Aminah berada tidak jauh dari rumahnya Yusniar.

“Saat melihat muncul api kami pergi ke kebun berupaya menyiram dengan air dan mencegah api merambat karena tidak jauh dari rumah,” kata Ti Aminah didampingi sejumlah warga setempat.

Sementara paska menerima informasi ada kebakaran itu, dua unit mobil pemadam kebakaran Posko Kota Bireuen melaju kencang ke lokasi kejadian, juga satu dari Posko Pembantu Kutablang.

Setibanya dilokasi petugas dapat memadamkan api dan tidak sampai meluas. (*)