Kebun Buah Jadi Ikon Baru Wisata Alam di Langsa

Pemerintah Kota Langsa kembali membuat ikon baru wisata alam. Namanya Kebun Buah yang berlokasi di lahan hibah HGU PT Timbang Langsa,
Kebun Buah Langsa
Wakil Walikota Langsa, Dr Marzuki Hamid MM menanam pohon di Kebun Buah di lahan hibah HGU PT Timbang Langsa, Minggu (29/11/2020). Foto Marida Fitriani

Kebun Buah Langsa

ACEHSATU.COM | LANGSA – Kebun buah Langsa kini sedang disiapkan. Sebelumnya Kota Langsa dikenal sebagai daerah dengan wisata alam yang menarik. Mulai dari wisata alam hutan mangrove dan wisata hutan kota yang teduh.

Menggalakkan ekowisata, Pemerintah Kota Langsa kembali membuat ikon baru wisata alam. Namanya Kebun Buah yang berlokasi di lahan hibah HGU PT Timbang Langsa, Minggu (29/11/2020).

“Kebun buah ini kita rencanakan akan menjadi icon baru wisata alam kota Langsa , dimana nantinya para pengunjung bisa masuk ke kawasan kebun buah untuk jalan-jalan sekaligus hunting foto,” ujar Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid.

“Jika saat bersamaan ada buah yang bisa dipanen, bisa dibeli oleh  pengunjung,” tambah Marzuki Hamid.

Selanjutnya, wisata alam baru ini juga di harapkan bukan hanya menjadi sarana liburan bersama keluarga melainkan juga sebagai sarana edukasi bagi para pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak terkait tanaman buah.

Kebun Buah Langsa
Wakil Walikota Langsa, Dr Marzuki Hamid MM menanam pohon di Kebun Buah di lahan hibah HGU PT Timbang Langsa, Minggu (29/11/2020). Foto Marida Fitriani

Nantinya, Pemerintah Kota Langsa akan membangun berbagai fasilitas  pendukung seperti akses jalan dan  untuk melepas lelah, akan dibangun  cafetaria dan toko souvenir.

“Pengunjung bisa melepas lelah, berkuliner untuk sekedar minum makan dan berburu oleh-oleh,” ujar Marzuki Hamid.

“Intinya kita sangat serius membangun lokasi ini sehingga menjadi tempat yang mempunyai manfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas,” sebut Wakil Walikota dua periode ini.

Selain itu, Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid juga memerintahkan Dinas Lingkungan hidup Kota Langsa, menempatkan petugas untuk merawat kebun buah di lahan seluas 45 hektare yang sudah ditanami berbagai jenis tanaman buah.

Menurutnya, bila tidak di tempatkan petugas khusus maka apa yang sudah ditanam tidak akan  tumbuh dan terpelihara dengan baik.

Tempatkan Petugas

Sementara itu, Plt Kadis Lingkungan Hidup Kota Langsa, Syaifuddin Zuhri, SE menyebutkan akan menindaklanjuti permintaan Wakil Walikota untuk menempatkan petugas guna merawat pohon di lokasi kebun buah tersebut.

“Hari ini kita juga menanam 500 batang jenis pohon buah yang terdiri jenis pohon Sirsak, rambutan, durian, kelengkeng, sukun serta jenis pohon lainnya,” ujar Syaifuddin Zuhri.

Ditambahkannya, bersama para anggota Dinas lingkungan hidup  kita juga ikut merawat dan membersihkan pohon yang sudah ditanam sebelumnya agar semua pohon tumbuh subur. (*)