Kebakaran Hutan Terjadi di Aceh Tengah dan Aceh Barat

Dua hari terakhir terjadi kebakaran lahan dan hutan di dua kabupaten di Aceh, yakni Aceh Tengah dan Aceh Barat. Di Aceh Barat kebakaran lahan gambut mencapai 2,2 hektare sementara di Aceh Tengah kabakaran hutan terjadi di hutan lindung diperkirakan luasnya mencapai delapan hektare.
Kebakaran Hutan Aceh Tengah
Ilustrasi kebakaran hutan (ANTARA FOTO/Siswowidodo/ama)

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEH – Dua hari terakhir terjadi kebakaran lahan dan hutan di dua kabupaten di Aceh, yakni Aceh Tengah dan Aceh Barat. Di Aceh Barat kebakaran lahan gambut mencapai 2,2 hektare sementara di Aceh Tengah kabakaran hutan terjadi di hutan lindung diperkirakan luasnya mencapai delapan hektare.

Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas kepada wartawan, Kamis (14/10/2021) mengatakan, di Aceh Tengah terjadi kebakaran hutan lindung di Desa Gampong Mendele, Kecamatan Kebayakan dini hari dan api baru dapat dipadamakan menjelang subuh.

Untuk pemdaman tersebut tim BPBD Aceh Tengah menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kebakaran. Pemadaman juga dibantu warga setempat.

Kebakaran Hutan Aceh Tengah
Ilustrasi kebakaran hutan (ANTARA FOTO/Siswowidodo/ama)

Sementara di Aceh Barat kebakaran lahan gambut terjadi dua lokasi, di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan dan Desa Peunaga Cut, Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat seluas 2,2 hektare.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat, Mashuri kepada wartawan kemarin mengatakan penyebab lahan gambut yang terbakar di Aceh Barat karena faktor tiupan angin kencang di lokasi kebakaran, sehingga menyebabkan jilatan api dengan cepat merambat ke lahan lainnya.

“Kami masih berupaya memadamkan api, namun karena tiupan angin, upaya pemadaman ikut terkendala,” ujar Mashuri.

Sampai malam hari ini api masih terlihat beberapa titik, namun upaya pemadaman dihentikan menjelang malam hari, dan akan dilanjutkan pada pagi hari,” pungkas Mashuri (*)