Kasus Positif Corona di Aceh Bertambah 92 Orang, Total Jadi 839 Kasus

Covid Aceh
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG). Foto Dok Humas Aceh

ACEHSATU.COMPasien positif virus Corona (COVID-19) di Aceh bertambah 92 orang sehingga totalnya menjadi 839 kasus.

Hingga hari ini satu kabupaten masih nol kasus Corona atau tidak terdampak.

Berdasarkan data dirilis di situs Dinas Kesehatan Aceh, Jumat (14/8/2020), penambahan kasus baru terbanyak terdapat di Aceh Besar dengan jumlah 48 orang, Banda Aceh 27 orang, Aceh Selatan dan Pidie masing-masing empat orang.

Selain itu, luar daerah bertambah dua orang, Subulussalam, Lhokseumawe, Sabang, Nagan Raya, Bireuen, Aceh Singkil, Simeulue masing-masing satu orang.

Sementara jumlah pasien meninggal berjumlah dua orang berasal dari Subulussalam dan Sabang.

Dinkes juga merilis kasus sembuh berjumlah 16 orang. Secara kumulatif, jumlah pasien sembuh 241 orang dan meninggal dunia 26 orang.

Pasien positif yang masih dirawat sebanyak 572 orang. Mereka menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Aceh.

Bila dilihat secara kumulatif, hingga hari ini hanya Kabupaten Pidie Jaya yang steril dari kasus positif Corona. Di daerah tersebut, hanya pernah ada tiga pasien suspek.

Untuk kasus COVID-19 terbanyak di Tanah Rencong terdapat di Banda Aceh 245 kasus dan Aceh Besar 233 kasus.

Sementara kematian tertinggi yaitu Aceh Besar tujuh orang, dan Banda Aceh empat orang.

Dilihat dari situs covid19.go.id, Kabupaten Pidie Jaya juga dilaporkan masuk kategori Zona Hijau atau tidak terdampak.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) merilis prevalensi kasus Covid-19 di Aceh, berdasarkan laporan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota, per tanggal 14 Agustus 2020, pukul 18.00 WIB.

Ia melaporkan terjadi penambahan angka positif Covid-19 sebanyak 92 kasus pada hari ini, 2 meninggal dunia, dan 16 orang dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona.

Pasien positif Corona melahirkan
Pasien positif Corona melahirkan bayi laki-laki di Aceh. (dok. Istimewa)

Penambahan 92 kasus baru tersebut menjadikan angka kumulatif positif Covid di Aceh mencapai 893 orang.

Distribusinya 572 orang dalam penanganan tim medis di rumah sakit rujukan, 241 orang telah dinyatakan sembuh, 26 meninggal dunia.

“Dari 92 kasus positif baru, 48 orang berasal dari Aceh Besar. 27 dari Banda Aceh. Pidie dan Aceh Selatan masing-masing 4 kasus. Sementara Simuelue, Singkil, Bireuen, Nagan Raya, Sabang, Lhokseumawe, dan Subulussalam masing-masing satu kasus baru, sisanya dari luar daerah 2 kasus. Sedangkan yang meninggal dunia dari Sabang dan Subulussalam masing-masing 1 orang,” rinci SAG.

Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini bertambah 2 orang, yang secara akumulatif menjadi 2.391 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.341 orang sudah selesai masa pemantauan, dan sebanyak 50 orang masih dalam pemantauan Tim Gugus Tugas Covid-19.

Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), juga bertambah 3 orang, hingga secara akumulasi menjadi 182 orang. Dari jumlah tersebut, 17 pasien masih dalam penanganan tim medis dan 161 telah sehat dan 4 orang lainnya meninggal dunia. (*)