Kasus Polio Semakin Mengkhawatirkan, Ayo Kenali Penyebab dan Gejalanya

Perlu diiketahui bahwa gejala awal polio adalah demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan di leher dan nyeri pada anggota badan.
polio virus
ilusterasi virus polio (ft: istox)

ACEHSATU.COM – Saat ini Indonesia tengah berisiko tinggi menghadapi kejadian luar biasa (KLB) polio. Kasus polio menjadi salah satu kasus sedang terjangkit , salah satunya dikabupaten Pidie beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Satu Kasus Ditemukan di Pidie, Pemerintah Tetapkan KLB Polio di Indonesia 

Untuk mewaspadai kasus ini, masyarakat perlu tahu beberapa gejala polio. Meningkatnya risiko KLB ini muncul setelah satu kasus polio di Kabupaten Pidie, Aceh.

Baca Juga: Polio di Aceh Bertambah Jadi 3 Kasus

Polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Polio.

Penyakit ini menyerang saraf dan bisa menyebabkan kelumpuhan, sulit bernapas, hingga yang paling fatal adalah kematian.

Berdasarkan catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), polio umumnya menyerang anak-anak usia di bawah 5 tahun.

Dikutip dari infeksiemerging.kemkes.go.id, penyakit polio menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan atau bahkan kematian dalam hitungan jam.

Virus polio memasuki tubuh melalui mulut, dalam air atau makanan yang telah terkontaminasi dengan bahan feses dari orang yang terinfeksi.

Selanjutnya, virus tersebut akan berkembang biak di usus dan diekskresikan oleh orang yang terinfeksi di faeses, yang dapat menularkan virus ke yang lain.

Perlu diiketahui bahwa gejala awal polio adalah demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan di leher dan nyeri pada anggota badan.

Selengkapnya, berikut ini gejala, tanda, dan cara penularan polio:

Gejala Polio Sebagian besar orang yang terinfeksi polio tidak memiliki gejala atau gejala yang sangat ringan dan biasanya tidak dikenali.

Namun pada kondisi lain, gejala awal polio yakni demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan di leher dan nyeri di tungkai.

Adapun gejala penderita polio dibagi menjadi tiga kelompok sebagai berikut:

  • Polio paralisis, menyebabkan sakit kepala, demam, lemah otot, kaki dan lengan terasa lemah, serta kehilangan refleks tubuh.
  • Polio non-paralisis, dapat menyebabkan muntah, lemah otot, demam, meningitis, letih, sakit tenggorokan, sakit kepala serta kaki, tangan, leher dan punggung terasa kaku dan sakit.
  • Sindrom pasca- polio, menyebabkan sulit bernapas atau menelan, sulit berkonsentrasi, lemah otot, depresi, gangguan tidur dengan kesulitan bernapas, mudah lelah dan massa otot tubuh menurun.

Masa inkubasi virus polio biasanya memakan waktu 3 sampai 6 hari dan kelumpuhan bisa terjadi dalam waktu 7-21 hari.