oleh

Kasus Baru Banyak di Makasar, Positif Corona Kategori Orang Tanpa Gejala

-Nasional-252 views

ACEHSATU.COM | MAKASSAR – Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Ichsan Mustari memprediksi jumlah kasus positif Corona (COVID-19) dengan kategori orang tanpa gejala (OTG) banyak di Makassar.

Hal ini karena tingginya angka penularan virus Corona secara lokal di Kota Makassar.

“Kalau di Makassar ini analisis kami OTG pasti akan banyak karena ada local transmission seperti ini,” ujar Ichsan dalam keterangannya melalui konferensi video di Kota Makassar, Senin (6/4/2020).

Hingga saat ini, dari 112 kasus positif Corona di Sulsel, 68 di antaranya berada di Kota Makassar. Sementara itu, dari 30 kasus yang tercatat hari ini di Sulsel, 15 kasus merupakan penularan lokal di Makassar.

Ichsan pun menjelaskan sebab positif Corona dengan kategori OTG banyak di Makassar.

“Kenapa orang tanpa gejala itu banyak karena setiap orang itu kan punya perbedaan imunitas, punya ketahanan tubuh yang berbeda-beda. Sehingga bisa saja ada orang yang sudah punya virus tapi dia tidak nampak sakit berat,” jelasnya.

Ichsan, yang juga dinyatakan positif Corona, menyebut dirinya sempat masuk kategori OTG.

“Seperti kemarin saya, 2 minggu lalu itu tidak nampak sekali sakitnya, paling demam saja kemarin, tapi (gejala Corona) yang lain tidak. Jadi sebenarnya saya juga sudah masuk OTG kemarin,” tuturnya.

Untuk itu, Ichsan mengimbau masyarakat selalu menggunakan masker saat ke luar rumah. Dia juga meminta masyarakat tidak ke luar rumah jika tidak ada keperluan yang penting.

“Jika kita terpaksa harus ke luar rumah, maka kita harus menggunakan masker, yang kain pun juga tidak apa-apa. Apa tujuannya, agar orang yang OTG (tidak menyebarkan virus ke orang lain), kita tidak tahu yang OTG siapa, tapi kita imbau kepada semua orang untuk menggunakan masker,” imbuhnya. (*)

Indeks Berita