Karang Taruna Tingkeum Mayang Kutablang Gelar Donor Darah

Sebanyak 77 kantong darah dengan berbagai golongan darah, disumbangkan untuk memenuhi kekurangan stok darah, di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr Fauziah Bireuen.
Karang Taruna Tingkeum Mayang Kutablang Gelar Donor Darah

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Sebanyak 77 kantong darah dengan berbagai golongan darah, disumbangkan untuk memenuhi kekurangan stok darah, di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr Fauziah Bireuen.

Hasil donor darah digelar Karang Taruna Muda Berkarya, Gampong Tingkeum Mayang, Kecamatan Kutablang dan PMI Kutablang, Kabupaten Bireuen, Selasa (26/01/2021) pagi.

Ketua Karang Taruna Muda Berkarya Iswadi S.Sos ditanyai Aceh Satu.Com, dilokasi menjelaskan, kegiatan sosial ini sudah menjadi agenda rutin digelar sejak 2019 juga saat masa pandemi Covid-19 sampai hari ini dan terus berlanjut.

Donor darah juga bekerjasama dengan UTD RSUD dr Fauziah ini, digelar setiap tiga bulan sekali.

Pendonor dari anggota karang taruna, PMI, masyarakat Tingkeum Mayang sudah jadi pendonor tetap, juga dari instansi terkait serta warga sekitar.

“Donor darah ini kami laksanakan untuk membantu memenuhi kekurangan darah di UTD RSUD dr Fauziah, untuk diberikan bagi pasien dirumah sakit yang membutuhkan,” ujarnya disela berlangsung donor di dalam Bus UTD milik RSUD dr Fauziah.

Dikatakan juga untuk sekarang ini sudah ramai warga donor darah, “kami di Karang Taruna juga mensosialisasikan berkaitan pentingnya dan mamfaat dari donor darah bagi kesehatan”, jelas Iswadi.

Sementara Kepala UTD RSUD dr Fauziah Bireuen, Wardati SKM MKM ditanya Aceh Satu.Com mengatakan stok darah di UTD kekurangan atau tidak aman, dengan ada donor darah digelar Karang Karuna dan PMI Kutablang, tentunya telah membantu menambah persediaan darah.

Disamping itu untuk memenuhi persediaan darah di UTD, pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai dapat kembali mengelar donor darah, untuk akhir Januari dan awal Februari 2021 akan digelar dibeberapa lokasi, jelasnya. (*)