Karang Taruna Tingkeum Manyang dan PMI Kutablang Sumbang 55 Kantong Darah

Sebanyak 55 kantong darah dengan berbagai golongan darah, disumbangkan untuk memenuhi persediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr Fauziah Bireuen, guna diberikan kepada pasien membutuhkan transfusi darah.
Warga Kutablang Bireuen lagi mendonorkan darahnya, Selasa (27/10/2020) pagi. (Foto: Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Sebanyak 55 kantong darah dengan berbagai golongan darah, disumbangkan untuk memenuhi persediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr Fauziah Bireuen, guna diberikan kepada pasien membutuhkan transfusi darah.

Puluhan kantong darah itu hasil donor darah yang digelar Karang Taruna Muda Berkarya Gampong Tingkeum Manyang, Kecamatan Kutablang dan PMI Kutablang, Selasa (27/10/2020).

Ketua Karang Taruna Muda Berkarya Gampong Tingkeum Manyang, Iswadi S.Sos kepada AcehSatu.Com di sela-sela donor darah menjelaskan, kegiatan sosial ini sudah menjadi agenda rutinitas mulai dari sebelum pendemi dan di saat pandemi Covid-19.

“Rutin kami laksanakan kerjasama dengan PMI Kutablang dan semua ini tidak lepas dari semangat kawan-kawan di Karang Taruna dan juga kami telah bersosialisasi di masyarakat terkait dengan penting dan manfaat dari donor darah bagi kesehatan,” katanya.

“Baik mamfaat secara peribadi bagi warga masyarakat yang mendonorkan darah itu sendiri maupun masyarakat membutuhkan darah, alhamdulillah masyarakat sudah antusias donor darah walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19,” tambah Iswadi.

Kegiatan donor darah ini terus digelar dan juga ke depan ingin bekerjasama berbagai pihak baik lembaga pemerintah dan non pemerintah, terkait kegiatan sosial bisa kami lakukan dari Karang Taruna.

Karang Taruna Tingkeum Manyang Kutablang, beberapa waktu lalu mendapat piagam penghargaan dari Pemkab Bireuen diteken Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, atas kepedulian terhadap persediaan ketersediaan darah di UTD di RSUD dr Fauziah Bireuen, 25 Juni 2020, saat peringatan hari donor darah se-dunia, sebut Iswadi.

Stok Darah Kurang

Kepala UTD RSUD dr Fauziah Bireuen, Wardati SKM MKM ditanya AcehSatu.Com mengatakan, pihaknya berterimakasih atas donor darah digelar Karang Karuna dan PMI Kutablang ini.

Saat ini kondisi persediaan darah untuk golongan A tidak ada dan darah golongan lainnya yaitu darah B, darah O, darah AB juga menipis.

Di masa Pandemi Covid-19 minim digelar kegiatan donor darah, begitu juga warga donor darah sukarela ke UTD.

Sedangkan upaya dilakukan memenuhi kebutuhan darah untuk diberikan kepada pasien butuh transfusi darah, selain darah hasil kegiatan donor, juga diatasi pihak UTD dengan donor darah dari keluarga pasien. (*)