Kapolda Minta Dana BTT Digunakan Bansos Warga yang Vaksin

Kapolda Aceh, Irjen Ahmad Haydar meminta dana belanja tidak terduga (BTT) yang diplotkan di APBD dan APBD kabupaten/kota di Aceh  agar dapat digunakan untuk bantuan sosial (Bansos) bagi warga yang vaksin
vaksin
Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEHKapolda Aceh, Irjen Ahmad Haydar meminta dana belanja tidak terduga (BTT) yang diplotkan di APBD dan APBD kabupaten/kota di Aceh  agar dapat digunakan untuk bantuan sosial (Bansos) bagi warga yang vaksin.

Hal ini disampaikan Kapolda Aceh, Irjen Ahmad Haydar di Mapolda Aceh, Selasa (21/12/2021 sangat mengharapkan kerjasama seluruh pihak untuk berkolaborasi menuntaskan vaksinasi bagi masyarakat agar herd immunity segera tercipta demi keselamatan bersama, terutama Forkopimda Aceh.

Hal tersebut, sebagaimana tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 900/7120/SJ tentang Dukungan Percepatan Vaksinasi dan Pembayaran Tenaga Kesehatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021.

Surat yang dikeluarkan pada 16 Desember 2021 dan ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian tersebut ditujukan kepada gubernur, bupati dan wali kota seluruh Indonesia untuk mengejar target vaksinasi Covid-19 di daerah masing-masing.

Kapolda juga telah mengundang pejabat di lingkungan Pemprov Aceh untuk menindaklanjuti Surat Edaran tersebut, terutama tentang mekanisme penyerapan anggaran BTT dalam bentuk bansos, yang nantinya dibagikan kepada masyarakat dalam setiap kegiatan vaksinasi.

“Saya berharap nantinya dana BTT bisa digunakan untuk bansos bagi masyarakat yang vaksin. Upaya tersebut semata untuk meningkatkan capaian vaksinasi, di mana pada akhir Desember 2021 harus tembus 70 persen,” ujar mantan Kapuslabfor Polri ini.

“Dalam rangka mendukung program nasional penanganan pandemi Covid-19 khususnya pemenuhan target vaksinasi dosis pertama sebesar 70% hingga akhir Desember 2021, maka kita harus bergandengan tangan, berkolaborasi, termasuk Pemda untuk mempercepat pencapaian target tersebut di Aceh,” sebutnya lagi, mengutip Surat Edaran Mendagri.

vaksin covid
Untuk mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Aceh Tamiang, jajaran Polres Aceh Tamiang mulai melakukan vaksinasi door to door di sejumlah kampung. Minggu (19/12/2021) acehsatu.com/ist

Capaian Vaksin

Sampai saat ini Kepolisian Daerah (Polda) Aceh beserta terus  menejara capaian vaksin disetiap kabupaten/kota di Aceh dengan menggelar vaksinasi baik dosis I maupun dosis II untuk mendongkrak capaian vaksinasi yang selama ini masih jauh dari target.

Rinci Kapolda, data capaian vaksinasi per tanggal 20 Desember 2021 berjumlah 47.065 orang. Jumlah tersebut melebihi target harian yang ditentukan, yaitu 34.200 orang.

”Capaian kita saat ini masih 48,51 persen untuk dosis I dan 25.15 persen dosis II. Capaian itu harus mencapai 70 persen pada akhir Desember tahun ini. Oleh karena itu kami harapkan masyarakat segera melaksanakan vaksin di gerai-gerai terdekat,” ucap Kapolda lagi.

Untuk mendukung kegiatan vaksinasi ini, lanjut Haydar, Mabes Polri dan Polda Aceh telah mengirimkan 130 tenaga kesehatan (Nakes) berstatus BKO untuk menjadi vaksinator kesejumlah jajaran Polres.

Ini menunjukkan keseriusan Polda Aceh dalam menggarap serta meningkatkan target capaian vaksinasi, yang pada akhir Desember 2021 harus tembus 70 persen.

“Polda Aceh sangat serius dalam hal target capaian akhir Desember harus tembus 70 persen,” pungkas Kapolda Aceh, Irjen Ahmad Haydar (*)