Kampung Pertik, Pioritaskan dan Fokus Penangannan Sunting Pada Musrembang 2023

3 Program pioritas utama untuk mengurangi angka penderita stunting dalam wilayah tersebut diantaranya Program jangka Pendek, jangka panjang dan menenengah
blangkejeren
Kampung Pertik, Pioritaskan dan Fokus Penangannan Sunting Pada Musrembang 2023

ACEHSATU.COM | Blangkejeren – Kampung Pertik Kecamatan Pining, Gayo Lues melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang). Anggaran Dana Desa pada tahun 2023. Di Mushola desa Setempat, Jumat, (25/112022).

Dalam acara musrembang tersebut, Kampung Pertik mempioritaskan dan memfokuskan terkait penangan stunting.

Dan mewacanakan 3 Program pioritas utama untuk mengurangi angka penderita stunting dalam wilayah tersebut diantaranya Program jangka Pendek, jangka panjang dan menenengah sebut Zainal abidin dalam sambutanya.

Untuk Program jangka Pendek Zainal menyebutkan, penguatan Posyandu, mengadakan dapur sehat dan program makan tambahan bagi balita dan ibu hamil sebutnya.

Sementara, dalam jangka menengah memanfaatkan pekarangan rumah warga untuk ditanami sayur sayuran untuk pemenuhan tambahan asukan gizi bagi keluarga serta mengadakan penyuluhan jelasnya.

Dan program jangka panjang mengupayakan kesejahteraan masyarakat mengembangkan usaha sektor Pertanian jelas Zainal.

Zainal Abidin menambahkan, dalam pemaparannya dan menjelaskan terkait program 2022 sudah 97 Persen dilaksanakan sambari menjelaskan semua kegiatan kegiatan yang sudah realisasikan dengan transparan dihadapan peserta musrembang.

Sementara, Program yang akan dilaksanakan pada tahun selanjutnya sesuai dengan yang sudah disepakati dalam RPJM Kampung Pertik 2022-2027, sembari memohon dukungan serta saran dan masukan demi kemajuan kampung pertik, kami siap menerima kritikan dan saran yang sipatnya membangun tutupnya.

Sementara Pendamping Desa Dalam sambuatnya mengatakan, ada 9 Pioritas penggunaan dana desa.

Camat Pining, Win Zulfiat ST, dalam sambutannya menekan perlunya proses transparansi dan mengakomodir kebutuhan masyarakat melalui musyawarah mupakat dalam mengelola dana desa.

Tentu, dengan mengikuti aturan dan regulasi yang sudah ada sehingga tidak menimbulkan permasalahan dan gejolak pada saat pelaksanaan program pembangunan.

Salah satu bentuk transparansi tersebut adalah pelaksanaan Musrenbang dengan mengundang Perwakilan masyarakat seperti yang dilaksanakan hari ini sebutnya.

Camat juga menyampaikan di kampung Pertik adalah Musrenbang perdana di kecamatan Pining untuk tahun anggaran 2023.

Turut andil dalam acara tersebut, muspika kecamatan Pining, Kepala Puskesmas, Koordinator BPP, tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh Adat, tokoh Perempuan, ketua Pemuda, pengurus BUMK, Pengurus wirid Yasin, kader desa serta menghadirkan orang tua balita stunting.