Kampung Blang Sentang Studi Banding Pengelolaan Pertashop Tingkeum Manyang Kutablang

Camat dan para perangkat Kampung Blang Sentang, Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, melaksanakan kunjungan studi banding melihat pengelolaan Pertashop bantuan dari Pertamina, telah berjalan tiga bulan terakhir di Gampong Tingkeum Mayang, Kecamatan Kutablang, Bireuen.
Pertashop Tingkeum Manyang Kutablang
Suasana kunjungan studi banding Camat Bukit dan Reje Kampung Blang Sentang, Kabupaten Bener Meriah di Perstashop Tingkeum Mayang Kutablang Bireuen, Kamis (04/02/2021) siang. (Foto: Rahmat Hidayat/ACEHSATU.CO

Kampung Blang Sentang Studi Banding Pengelolaan Pertashop Tingkeum Manyang Kutablang

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Camat dan para perangkat Kampung Blang Sentang, Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, melaksanakan kunjungan studi banding melihat pengelolaan Pertashop bantuan dari Pertamina, telah berjalan tiga bulan terakhir di Gampong Tingkeum Manyang, Kecamatan Kutablang, Bireuen.

Kunjungan Camat Bukit Ismail SE MSi didampingi staf dan Reje Kampung Blang Sentang Ahdi, beserta Tuhe Pet, Sekdes, Kaur Keuangan, pendamping lokal desa, dan kecamatan, diterima Camat Kutablang Mukhsin SAg, Keuchik Tingkeum Mayang Ir Mawardi MSM dan perangkat gampong.

Camat Kutablang Bireuen Mukhsin SAg dan juga Keuchik Tingkeum Manyang Ir Mawardi MSM, didampingi staf kantor camat dan perangkat gampong dalam pertemuan di kantor camat dan kantor keuchik, mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Camat Bukit dan perangkat kampung Blang Sentang.

“Kami juga sangat berterimakasih dan suatu kehormatan telah memilih Gampong Tingkeum Mayang sebagai objek studi banding melihat pengelolaan Pertashop menjual Pertamax, semoga memberikan mamfaat bagi kampung Blang Sentang nantinya,” imbuh Camat.

Reje Kampung Blang Sentang Ahdi mengatakan, kunjungan silaturahmi ke Tingkeum Manyang ini sekaligus melihat sistem pengelolaan Pertashop, pihaknya sedang melakukan pengkajian untuk turut melaksanakannya.

Sehingga nantinya apabila Pertashop ini juga dapat ditempatkan di Kampung Blang Sentang, diharapkan dapat berjalan lancar dan memberi mamfaat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM).

Camat Bukit Bener Meriah Ismail SE MSi, kunjungan ini juga mengatakan, kunjungan kerja ini untuk mempererat silaturahmi dan menyikapi informasi dari Camat Kutablang terkait Pertashop yang sudah berjalan di Gampong Tingkeum Mayang.

"Kami tertarik dengan program Pertashop ini dan dari 40 kampung berada dalam Kecamatan Bukit, Kampung Blang Sentang yang tertarik untuk membuka unit usaha Pertashop dikelola BUMK," jelas Camat dan juga meninjau lokasi peternakan ayam dikelola gampong di Kutablang.

Oleh karena itu sebelum dilaksanakan, maka kita ingin melihat dan mengetahui terlebih dahulu, sistem pengelolaan dan keuntungan diperoleh bagi desa, dan saat dana desa dialokasikan benar-benar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Keberadaan Pertashop ini sangat cocok di Blang Sentang karena lokasi berada di pusat pemerintahan dan belum ada SPBU, ada dikampung tetangga berjarak 8 km s/d 10 km, dengan ada Pertashop, dapat memenuhi kebutuhan BBM masyarakat Blang Sentang dan sekitarnya.

Pertashop Tingkeum Manyang Kutablang
Suasana kunjungan studi banding Camat Bukit dan Reje Kampung Blang Sentang, Kabupaten Bener Meriah di Perstashop Tingkeum Mayang Kutablang Bireuen, Kamis (04/02/2021) siang. (Foto: Rahmat Hidayat/ACEHSATU.CO

Camat juga menjelaskan dari 40 kampung di Kecamatan Bukit masing-masing diharapkan miliki satu unit usaha unggulan dapat membuka lapangan kerja sehingga, keberadaan dana desa dirasakan manfaat oleh masyarakat, tidak saja fokus bangun infrastruktur saja.

Sehingga apabila ke depan angggaran dana desa tidak lagi dialokasi pemerintah pusat, kampung di Kecamatan Bukit Bener Meriah sudah menjadi kampung mandiri.

"Untuk Pertashop ini tahun depan kita juga mendorong dapat dilaksanakan di satu kampung lagi sehingga ada dua kampung mengelolanya," ujar Camat Ismail.

Sementara itu, Keuchik Tingkeum Manyang Ir Mawardi MSM sebelumnya ditanyai Acehsatu.Com menjelaskan, Pertashop (Pertamina Shop) adalah lembaga penyalur Pertamina skala kecil disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM Non Subsidi, LPG Non Subsidi dan produk Pertamina Ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

Pertashop seperti SPBU mini berada di Dusun Tgk Chiek, persisnya ke utara dari jalan samping kantor Keuchik Tingkeum Manyang, dikelola BUMG Sepakat Jaya, sudah berjalan sejak 23 Oktober 2020 dengan BBM Pertamax diberikan awalnya 3.000 kl dan sampai saat ini dua hari sekali disuplai 2.500 kl harga jual Rp9.000/liter.

Lokasi penempatan Pertashop bantuan pemerintah investasi dari Pertamina dan dikelola BUMG itu, berada di lahan milik warga yang disewa dengan luas 16 x 16 meter, direktur BUMG Isnaidi (41) dan dua pekerja Alimin (22) dan Muhammad Amar (21) warga sempat.

Mawardi menjelaskan, dalam sehari dapat memasarkan BBM Pertamax 1.1000 liter, dan dua hari sekali mendapat suplai dari mobil tangki Pertamina. Salah satu syarat keberadaan Pertashop dalam gampong, lebih kurang 10 km dari SPBU terdekat.

"Adapun tujuannya agar masyarakat dapat memperoleh BBM dengan harga SPBU," terang Keuchik Tingkeum Mayang Ir Mawardi MSM. (*)