Nanggroe

KaKanwil Kumham Aceh: Semua Lapas dan Rutan di Aceh Over Kapasitas

“Untuk itu bagi Lapas atau Rutan yang memiliki lahan akan diupayakan penambahan blok tahanan,”

FOTO | IST

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Semua Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas)  dan Rumah Tahanan ( Rutan)  serta Cabang Rutan yang ada di seluruh Aceh sudah kelebihan penghuni (over kapasitas).

Demikian disampaikan KaKanwil Kumhan Aceh Agus Toyib didampingi Kadiv Pas Aceh Meurah Budiman saat kunjungan kerja di Cabang Rutan Idi, Jumat (13/08/2018).

Menurut Agus, over kapasitas memang bukan hal yang baru bagi semua Lapas dan Rutan yang ad di Aceh dan untuk mengatasi hal ini juga bukan hal yang gampang dan mudah dilakukan.

Bahkan lanjut Agus, seperti Cabang Rutan Idi misalnya, kapasitas penampungan 75 orang, akan tetapi saat ini Rutan Idi menampung 450 lebih napi dan tahanan.

“Ini masalah besar yang harus kita tanggulangi secepatnya dan kita berharap dukungan dari pemerintah daerah setempat serta berbagai pihak lainnya,” kata Agus.

Dikatakan, penanggulangan over kapasitas dengan cara pemindahan napi ke tempat lain atau ke daerah lain bukanlah cara tepat, bahkan menimbulkan masalah baru.

“Untuk itu bagi Lapas atau Rutan yang memiliki lahan akan diupayakan penambahan blok tahanan,” katanya.

Kepada kepala Cabang Rutan Idi dan Jajarannya Agus berharap agar menjalin hubungan komunikasi dan pendekatan semaksimal mugkin dengan napi dan tahanan untuk menjaga kondisi dan situasi keamanan dalam Rutan.

“Jangan sampai terjadi konflik apalagi kerusuhan antar Napi dan tahanan, saya berharap Ka Cabang Rutan mengutamakan hal ini,” pesan Agus.

Sementara itu Kepala Cabang Rutan Idi, Effendi menyatakan siap menjalankan perintah KaKanwil Kumhan Aceh demi terciptanya suasana aman dan nyaman di dalam Rutan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top