Kain Kafan Hingga Knalpot dan Tanah Rp12 M, Ini 5 Mahar Pernikahan yang Tak Biasa

ACEHSATU.COM – Mahar atau maskawin umumnya diberikan oleh mempelai laki-laki buat pengantin perempuan. Bentuk barangnya pun bisa beragam, seperti uang maupun emas.

Ilustrasi/Foto: Thinkstock

Pada pernikahan di Indonesia, tak jarang ada mempelai pria yang memberikan mahar super unik lho, Bunda. Mulai dari kain kafan, knalpot, hingga tanah tambang yang nilainya belasan miliar rupiah.

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/7/2020), berikut ini deretan mahar pernikahan yang tak biasa:

1. Koin Rp500

Mahar pernikahan dua sejoli di Bekasi menjadi sorotan. Sang mempelai wanita rela dinikahi dengan mahar sebesar 500 rupiah.

Pernikahan Arni Sumarni dan Irmandi ini berlangsung pada 22 Juni 2020 kemarin. Mahar sebesar Rp500 itu adalah permintaan Arni, yang tak mau menyusahkan suami karena pekerjaannya sebagai pengemudi ojol ikut terdampak pandemi.

2. Sandal Jepit

Baru-baru ini viral seorang pria asal Lombok bernama Yudi, menikahi kekasihnya, Helmi, dengan maskawin sandal jepit serta segelas air. Karena cinta, Helmi mengaku dirinya tidak ingin merepotkan Yudi terkait maskawin.

Maka ia menerima sepenuh hati maskawin sandal jepit serta segelas air itu. Airnya diletakkan dalam sebuah mug warna cokelat dan langsung diminum usai akad.

3. Kain Kafan

Sungguhan terjadi, seorang pengantin wanita meminta kain kafan sebagai maskawin. Ini terjadi pada pernikahan Ariyati dan Indra beberapa tahun lalu.

Alasan Ariyati meminta kain kafan karena ia ingin ketika meninggal nanti, maskawin itulah yang akan digunakan untuk membungkus jenazahnya.

Mahar knalpot/ Foto: Facebook

4. Knalpot

Mahar emas mungkin sudah biasa. Pasangan di Magetan ini pun memilih benda lain untuk dijadikan sebagai mahar atau maskawin, yaitu knalpot.

Pada pernikahan tahun 2017 itu, mempelai pria memberikan knalpot motor merek R9 sebagai mahar untuk pengantin wanita. Knalpot disertai juga dengan kotak mahar berisi beberapa lembar uang Rp50.000 dan Rp2.000, serta satu lembar uang Rp5.000.

5. Tanah tambang, kerbau dan sapi

Putri Bupati Jeneponto Irma Dwiyani mendapat maskawin yang begitu mahal saat dilamar anggota DPR Fachry Pahlevi. Mahar itu berupa tanah tambang dengan kandungan nikel seluas 12,5 hektar, 30 ekor sapi dan 3 ekor kerbau.

Nah, tanah itu sendiri ditaksir mencapai Rp12,5 miliar. Nilainya begitu fantastis ya, Bunda. (*)