Jusuf Kalla: Farid Husain Adalah Tokoh Perdamaian Aceh, Ambon dan Poso

Farid Husain Tokoh Perdamaian
Foto: Wapres ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)

ACEHSATU.COM | MAKASSAR – Salah satu juru damai pada proses perdamaian Indonesia-GAM, dokter Farid Husain, meninggal dunia hari ini. Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK), menyebut jasa dr Farid sangat besar kepada negara.

“Dokter Farid, seorang tokoh perdamaian yang ikut berperan aktif dalam penyelesaian konflik Poso, Ambon, dan Aceh. Jasanya sangat besar kepada negara,” kata Jusuf Kalla dalam keterangannya pada detikcom, Selasa (24/3/2021).

Dokter Farid meninggal di Makassar malam ini. Sebelum menyelesaikan konflik Aceh, Dokter Farid juga ikut mendamaikan konflik di Poso dan Ambon.

Farid Husain Tokoh Perdamaian
Foto: Wapres ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)

“Telah berpulang ke rahmatullah ayah kami tercinta Dr Farid Wajib Husain,” kata anak almarhum, Langgo Farid, dalam keterangannya yang diterima, Selasa (23/3).

Dokter Farid meninggal pukul 20.18 Wita di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar. Belum diketahui penyebab meninggalnya Dokter Farid.

“Mohon maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat beliau semasa hidupnya. Dan jika masih ada sangkutan beliau mohon menghubungi keluarga untuk diselesaikan segera,” kata Langgo.

“Terima kasih atas segala perhatian dan bantuan kepada beliau saat sehat dan sakit. Semoga bantuannya bernilai pahala di sisi-Nya,” imbuhnya.

Dokter Farid dikenal sebagai salah satu negosiator pada proses perdamaian RI dan GAM. Dia ikut menjadi tim dari Jusuf Kalla (JK) untuk menyelesaikan konflik di Aceh selama puluhan tahun. (*)