Jurusan Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe Gelar Rukyat Hilal Sya’ban 1442 H

Jurusan Astronomi Islam Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe menggelar kegiatan rukyat hilal bulan sya'ban pada minggu, 14/03/2021.
Jurusan Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe Gelar Rukyat Hilal Sya’ban 1442 H

ACEHSATU.COM | LHOKSEUMAWE – Jurusan Astronomi Islam Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe menggelar kegiatan rukyat hilal bulan sya’ban pada minggu, 14/03/2021.

Kegiatan rukyat ini diikuti oleh mahasiswa/i jurusan Astronomi Islam serta turut diramaikan oleh sejumlah santri dari Kabupaten Aceh Utara.

Tgk Ismail, M.A yang merupakan dosen ilmu falak menjelaskan bahwa rukyat hilal kali ini merupakan bagian dari pembelajaran dan edukasi mengenai salah satu kegiatan dalam ilmu falak yaitu rukyat hilal.

Adapun hilal hari ini berada pada ketinggian 10° 57′ 46,6″ di atas ufuk mar’iy pada saat terbenam matahari pukul 18.44.29 detik tanggal 14/3 dengan sudut elongasi 12° 54′ 48,1″ semoga dengan diadakan kegiatan rukyat ini nantinya dapat menambah wawasan dan keilmuan para peserta yang hadir dalam hal rukyat hilal awal bulan hijriah.

Sementara itu Waled Mustafa M.Isa yang merupakan salah seorang Ulama Falak Aceh yang turut berhadir menjelaskan bahwa bulan Rajab telah di istikmal (genap) kan mejadi 30 hari dikarenakan hilal tidak teramati pada tanggal 29 sya’ban sehingga berdasarkan imkan rukyat maka setelah ghurub (terbenamnya matahari) hari ini maka sudah masuknya bulan sya’ban.

“Kita hendaknya berpedoman kepada imkan rukyat atau kepada rukyat hilal secara langsung untuk mengetahui masuknya awal bulan hijriah, karena demikian itu lebih dapat dipertanggungjawabkan keshahihannya, anjurnya.

Beliau juga berharap semoga ilmu yang didapatkan langsung di lapangan seperti ini dapat bermanfaat untuk diamalkan.

Adapun rangkaian kegiatan rukyat hilal bulan sya’ban ini adalah diawali dengan briefing, penyampaian materi dan diskusi terkait awal bulan hijriah dan dilanjutkan dengan observasi serta dokumentasi kegiatan. (*)