Jurusan Astronomi Islam Gelar Pengamatan Gerhana Matahari Parsial di Observatorium Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe

Jurusan Astronomi Islam Gelar Pengamatan Gerhana Matahari Parsial di Observatorium Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe

ACEHSATU.COM | LHOKSEUMAWE – Lhokseumawe, Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe menggelar pengamatan gerhana matahari parsial di Observatorium Ilmu Falak kampus IAIN Lhokseumawe,Minggu, (21/6/2020).

Baca Juga: 110 Hoax Terkait Virus Corona Sudah Dilaporkan ke Polisi: Ada di Facebook, Twitter dan Situs Lainnya

Pengamatan tersebut dilakukan sejak pukul 13.18 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB dan disiarkan melalui siaran langsung via Fanspage Facebook Observatorium Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe sejak pukul 13.36 – 15.46 WIB.

Baca Juga: Kisah-Kisah Tragis dari Rohingya

Sebelumnya, Tgk Ismail, M.A dosen Ilmu Falak Fakultas Syariah kampus IAIN Lhokseumawe mengatakan bahwa untuk wilayah Indonesia, Aceh menjadi daerah pertama yang bisa melihat gerhana matahari dalam bentuk gerhana sebagian (parsial) yaitu di Sabang pada pukul 13.16 Wib.

Jurusan Astronomi Islam Gelar Pengamatan Gerhana Matahari Parsial di Observatorium Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe | FOTO ACEHSATU.com

Gerhana matahari ini bisa dilihat di seluruh Aceh dari awal sampai akhir dengan waktu dan besaran gerhana saat puncak gerhana berbeda-beda di setiap kabupaten atau kota di Aceh.

Baca Juga: Aceh Mulai Gantung Cambuk, Algojo Pensiun Dini dan Kasus Maksiat Meningkat?

Alhamdulillah kita melakukan pengamatan dengan menggunakan 3 teleskop jenis robotic automatic yang memudahkan untuk mendapatkan objek matahari ketika melakukan pengamatan, pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa dari jurusan Astronomi Islam yang berpartisipasi menyukseskan kegiatan, serta dihadiri oleh awak pers dari berbagai media lokal dan nasional.