Jumlah Santri Ponpes Temboro yang Pulang ke Aceh 75 Orang, Hanya 3 Positif Corona

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Gugus Tugas COVID-19 Aceh mengatakan ada 75 santri pondok pesantren (Ponpes) Al Fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur, yang pulang ke Aceh. Tiga di antaranya dinyatakan positif Corona.

“Santri yang pulang dari Magetan menurut catatan kita itu 75 orang. Mereka sudah dilakukan rapid test dan beberapa orang menunjukkan hasil reaktif,” kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Senin (4/5/2020).

Menurutnya, santri yang positif lewat hasil rapid test dibawa ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) untuk diambil swab tenggorokan. Pemeriksaan swab dilakukan di Balitbangkes Aceh di Siron, Aceh Besar.

Hasilnya, tiga santri asal Aceh Tamiang yaitu AJ, MAH, dan MF dinyatakan positif Corona. MAH diumumkan positif COVID-19 setelah dia sembuh.

“Dengan tiga terbukti positif dari klaster Magetan, tim gugus tugas akan men-tracking kembali kontak erat dengan mereka seperti keluarga. Nanti akan dilakukan rapid test,” jelas Saifullah.

Saifullah menjelaskan, tim gugus tugas saat ini sedang melacak kembali santri yang pulang dari Ponpes Temboro. Mereka akan diambil swab untuk diperiksa ke Balitbangkes.

“Semua santri yang pulang dari sana sedang dilacak kembali untuk diambil swab,” ujarnya.

Juru bicara Pemerintah Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, mengatakan Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pengendalian COVID-19 Aceh Tamiang telah melakukan rapid test terhadap seluruh anggota keluarga pasien yang berstatus pasien dalam perawatan (PDP) dan pasien positif dengan riwayat perjalanan Temboro, Magetan. Hasilnya, seluruh keluarga pasien tersebut negatif COVID-19 berdasarkan hasil rapid test.

“Namun mereka diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan selama masa pandemi COVID-19, terutama melakukan karantina mandiri selama 14 hari,” ujar Devi. (*)

Lihat video berikut ini