Jumlah Pasien Positif Corona di Aceh Bertambah, Total 431 Kasus

Jumlah Pasien Positif Corona di Aceh Bertambah, Total 431 Kasus

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Jumlah pasien positif corona di Aceh kembali bertambah sebanyak 21 kasus.

Kini, total jumlah kasus di Aceh sudah mencapai 431 kasus.

Dilansir lewat laman resmi Dinas Kesehatan Aceh, Minggu, 2 Agustus 2020, penambahan 21 kasus tersebut berasal dari daerah berbeda.

Sesuai informasi yang telah diperbaharui Dinkes Aceh pada pukul 15.00 WIB hari ini, 21 orang terpapar virus corona itu tersebar di Aceh Selatan satu, Aceh Besar satu orang.

Kemudian, dari Kabupaten Bireuen satu orang, Aceh Barat Daya tiga, Nagan Raya lima, dan asal Aceh Tamiang 10 kasus.

Sejauh ini, mengenai identitas dan riwayat tertularnya 21 pasien tersebut belum diketahui, termasuk tempat mereka menjalani perawatan.

Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani sampai saat ini belum merilis informasi mengenai penambahan pasien positif corona tersebut.

Dengan bertambahnya 21 pasien Covid-19 ini, maka total kasus corona di Aceh secara kumulatif sudah mencapai 431 orang.

Selain itu, juga ada tiga pasien Covid-19 yang meninggal dunia, yakni dua orang asal Kabupaten Nagan Raya, dan satu lagi dari Aceh Selatan.

Data jumlah covid di Aceh sehari sebelumnya

Hinga Sabtu (1/8/2020), sebanyak 415 warga Aceh terkonfirmasi positif corona.

Warga Aceh positif covid itu berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa di provinsi Aceh sampai dengan 31 Juli 2020 telah terjadi penambahan sebanyak 103 kasus Covid-19.

Dengan penambahan ini, total masyarakat Aceh yang terkonfirmasi positif  mencapai 415 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 309 orang menjalani perawatan, pasien sembuh berjumlah 94 orang dan yang meninggal dunia 12 orang.

Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, Kota Banda Aceh menduduki peringkat pertama dengan jumlah 122 kasus, kemudian disusul Aceh Besar 80 kasus, Bener Meriah 34 kasus, Aceh Tamiang 33 kasus, Abdya 22 kasus, Bireuen 21 dan Lhokseumawe 20 Kasus.

Selanjutnya Aceh Selatan dengan 18 kasus, luar daerah 13 kasus, Aceh Utara 11 kasus, Langsa 8 kasus, Aceh Tengah 8 kasus, Pidie 5 kasus, Aceh barat 4 kasus, Aceh Tenggara 3 kasus dan Aceh Timur 3 kasus.

Lalu Simeulue 3 kasus, Gayo Lues 2 kasus, Sabang 2 kasus, Aceh Jaya 1 kasus, Subulussalam 1 kasus, luar negeri 1 satu kasus. Sedangkan Aceh Singkil, Nagan Raya dan Pidie Jaya masih nihil.

Data tersebut masih terus di-update oleh pihak terkait, baik Kemenkes RI maupun Dinas Kesehatan Aceh.

Ada kemungkinan angka tersebut akan terus bertambah.

Penambahan ini mungkin saja tejadi karena sejumlah sampel swab yang saat ini sedang diperiksa di laboratorium Balitbangkes Aceh dan Unsyiah masih belum keluar hasilnya.

Satu pasien reaktif COVID-19 meninggal dunia pada Jumat pagi sekira pukul 05.30 WIB dalam perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Iskandar Muda, Nagan Raya, Aceh. (*)