Jenuh dengan Jam Kerja Terikat, Ini Solusinya

ACEHSATU.COM – Pengalaman beberapa orang yang pernah bekerja pada suatu instansi pemerintah ataupun di perusahaan swasta dengan jam kerja penuh sering membuat jenuh. Ditambah dengan tekanan kerja relatif tinggi untuk mencapai target perusahaan.

Kondisi pekerjaan demikian barangkali menjadi suatu kondisi yang tidak nyaman bagi beberapa karyawan atau pegawai. Oleh sebab itu mereka merasa perlu mempertimbangkan pekerjaan yang lebih fleksibel.

Mungkin Anda sedang mencari pekerjaan dengan jam kerja yang fleksibel? Atau menginginkan sesuatu dengan lebih banyak variasi, atau hanya benar-benar tertarik untuk mengejar keinginan  yang belum dapat kita manfaatkan dalam pekerjaan saat ini?

Solusi atas permasalahan tersebut adalah denganbekerja dengan jam kerja tidak terikat. Istilah ini sering disebut freelance. Untuk menambah wawasan tentang  freelancing.

Dikutip dari berbagai sumber terpercaya berikut adalah beberapa hal yang harus kita ketahui pekerjaan freelance.

Pekerjaan freelance adalah jenis wirausaha yang dilakukan secara fleksibel, dan diberikan kepada berbagai bisnis yang berbeda.

Pekerja lepas dapat mengerjakan proyek besar atau kecil, baik jangka pendek maupun jangka panjang – tergantung pada apa yang sesuai dengan keterampilan Anda, ketersediaan, dan kebutuhan pemberi kerja.

Tugas-tugas khusus dapat mencakup apa pun mulai dari membangun situs web (web development) atau mendesain logo, hingga menulis artikel blog mingguan atau memotret dan mengedit video merupakan job yang mungkin dapat dikerjakan dengan model freelance.

Bagaimana cara kerja freelancing?

Biasanya, pengusaha akan mendapatkan bola bergulir dengan memposting pekerjaan atau proyek di situs mereka.

Hal ini memungkinkan pekerja lepas untuk menghubungi mereka, menjelaskan alasan, keterampilan dan kemampuan mereka  yang membuat mereka cocok untuk peran khusus tersebut- – juga menyatakan berapa banyak biaya yang mereka kenakan.

Majikan (pemilik proyek) kemudian dapat memilih dari sejumlah proposal atau permohonan lamaran untuk menemukan kandidat yang paling sesuai, mendiskusikan langkah selanjutnya, dan sampai pada kesepakatan bersama tentang bagaimana dan kapan pekerjaan akan dilakukan.

Setelah selesai dengan standar yang dibutuhkan, pembayaran akan dilakukan atas sebuah pekerjaan tertentu.

Pekerjaan apa yang Bisa Dilakukan Secara Freelance?

Hampir setiap layanan yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat dialihkan ke pekerja lepas. Namun, ada bidang dan industri tertentu di mana pekerjaan freelance sangat umum.

Ini termasuk: Desain grafis, Pemasaran, media & PR, Dukungan keuangan (misalnya pembukuan), Menulis, editor, Mode, Fotografi, Videografi, Entri data, Pemrograman dan lainnya.

Apa manfaat bekerja freelance?

Ada banyak manfaat menjadi freelancer. Ini termasuk, Sangat mudah dan cepat untuk memulai. Kita dapat memilih pekerjaan yang ingin kita lakukan, dapat memilih kapan ingin kita kerjakan. Ini terjangkau Pekerjaannya beragam.

Berapa banyak yang dibayar freelancer?

Pekerja lepas biasanya dibayar per jam, atau dengan tarif tetap. Mereka biasanya akan menetapkan tarif mereka sendiri – yang akan bergantung pada jenis layanan yang mereka tawarkan, nilai produk, seberapa berkualitas/berpengalaman mereka, dan berapa lama proyek akan selesai.

Bayar sering dapat dinegosiasikan jika perlu, dan akan bervariasi dari satu pekerjaan ke pekerjaan.

Apa yang diperlukan untuk menjadi pekerja lepas?

Meskipun pekerjaan freelance memiliki banyak manfaat, itu bukan untuk semua orang. Selain motivasi diri yang tinggi (lihat juga: objektivitas), Anda juga harus sangat mudah beradaptasi, ramah, dan komunikator yang hebat.

Keterampilan dan pengetahuan khusus dalam industri yang Anda tawarkan dalam pekerjaan juga penting – karena sebagian besar pekerja lepas menghadapi persaingan tingkat tinggi.

Pengusaha yang ingin mempekerjakan pekerja lepas biasanya akan berharap untuk melihat contoh pekerjaan mereka, yang berarti portofolio ekstensif yang menunjukkan keahlian dan keterampilan Anda sangat penting. Kualifikasi mungkin lebih disukai, tetapi ini tergantung sepenuhnya pada pekerjaan Anda, dan kebutuhan pemberi kerja.

Bagaimana cara memulai freelancing?

Berikut adalah beberapa kiat utama kami untuk membantu Anda memulai sebagai pekerja lepas, Pilih kerajinan yang diminati. Anda tidak hanya harus menemukan sesuatu yang Anda sukai (dan pandai), Anda juga harus melakukan riset untuk memastikan keterampilan Anda dapat dipasarkan.

Bangun merek yang memiliki reputasi baik. Meskipun Anda melakukannya sendiri, Anda tetap harus menjual diri Anda sebagai merek – yang berarti keberadaan online yang mengesankan (misalnya melalui blog dan media sosial) adalah kuncinya.

Kumpulkan portofolio. Pengusaha terutama peduli dengan pengalaman Anda sebelumnya – jadi pilihlah pekerjaan Anda dengan bijaksana untuk mendapatkan reputasi terbaik, bahkan jika itu berarti bekerja secara gratis ketika Anda pertama kali memulai.

Pitch dengan benar. Mirip dengan aplikasi pekerjaan, pemberi kerja tidak suka bila Anda tidak menyesuaikan proposal Anda dengan pekerjaan mereka. Berfokuslah pada bagaimana keterampilan Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka, dan Anda kemungkinan besar akan terkesan. (*)