oleh

Jangan Menjadi Mahasiswa Biasa! Berikut 7 Tips Jadi Mahasiswa Idaman

-Edukasi, Kolom-325 views

Oleh Dhea Kharisna

ACEHSATU.COM – Hai pejuang toga… Salah satu momen yang berkesan adalah ketika seseorang menjadi mahasiswa,  oleh karena itu memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan ke bangku perguruan tinggi merupakan hal yang wajib disyukuri karena tak semua orang memiliki kesempatan yang sama.

Menjadi mahasiswa itu merupakan hal yang sangat luar biasa, punya tingkatan tertinggi dibanding peserta didik lainnya.

Eits, tapi jangan bangga dulu, karena saat menjadi mahasiswa, kamu memiliki tanggung jawab yang besar dibandingkan saat menjadi siswa.

Menjadi mahasiswa janganlah biasa saja, melainkan harus menjadi mahasiswa idaman, jangan hanya kuliah-pulang saja, tetapi banyak hal yang dapat dilakukan agar kamu menjadi mahasiswa LUAR BIASA!! Yuk simak 7 tips agar kamu menjadi mahasiswa idaman:

1. Jangan menjadi mahasiswa acuh

Mahasiswa yang mempunyai gelar agent of change sudah seharusnya dapat berkontribusi banyak selama menjadi mahasiswa, salah satunya dengan bergabung ke dalam organisasi, mengapa harus organisasi? Karena saat kita menjadi salah satu anggota aktif suatu orgnisasi, kita dapat memberi kontribusi yang manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri, melainkan untuk orang lain juga.

Tapi ingat, pilihlah organisasi yang bernilai positif. Dengan begitu waktu kuliah  tak akan terasa membosankan, karena ruang lingkupmu tidak  hanya seputar kuliah, tugas dan ujian saja, kamu juga akan menemui teman dan pengalaman yang baru, serta mengasah kemampuan organisasimu.

2. Perbanyak buku bacaan

Membaca merupakan hal yang mudah, tetapi menjadi sulit ketika minat membaca tidak di tumbuhkan, padahal sebuah pepatah mengatakan “buku adalah gudang ilmu, jendela dunia, dan membaca adalah kuncinya”.

Sebagai mahasiswa yang memiliki kewajiban belajar, sudah seharusnya kita memperbanyak bacaan buku nih! Semakin banyak buku yang kita baca, maka akan semakin luas pemikiran yang kita miliki, tentunya hal ini sangat berguna dalam menjalankan perkuliahan, saat presentasi misalnya, pembicaraan yang kita sampaikan akan lebih luas ruang lingkupnya.

Karena pemaparan kita tidak hanya sebatas materi dari kampus saja, jika kamu ingin menjadi mahasiswa luar biasa, maka menambah wawasan adalah kuncinya!

Buku

3. Cobalah mengembangkan bakat dan hobimu

Kamu memiliki bakat dan hobi? Maka tunjukanlah, jika kamu menyukai bernyanyi maka kamu dapat bergabung ke dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang kesenian! Bakat dan hobimu itu jangan disembunyikan.

Seorang mahasiswa yang ideal adalah dia yang tidak malu terhadap kemampuannya sendiri. Selain bergabung dengan UKM kampus.

Kamu juga bisa menyalurkan bakatmu melalui komunitas-komunitas di luar kampus sesuai hobimu loh, ada komunitas perfilman, komunitas menulis, komunitas daur ulang, dan banyak komunitas lainnya yang dapat kamu temukan sesuai dengan hobimu. So,, jangan malu untuk unjuk gigi yaa ..

4. Aturlah waktu dan prioritas

Menjadi mahasiswa memang dipenuhi dengan berbagai macam kesibukan, baik itu aktivitas di dalam atau di luar kampus. Apalagi ada keinginan untuk bersenang-senang di tengah padatnya aktivitas yang ada.

Nah,, selagi sebelum terlambat, ayo mulai atur waktu dan tentukan kegiatan yang menjadi prioritasmu, buat jadwal harian dan mingguan yang harus kamu ikuti jangan sampai karna kamu tidak bisa mengatur waktu dan prioritas, tujuan utamamu untuk menjadi sarjana terbengkalai ya guys.

Ingat! Tetap jadikan kuliah sebagai prioritas utamamu, kamu boleh berkarya dan mendalami hobi, tetapi jangan lupa pada tugasmu sebagai mahasiswa. Karena seorang mahasiswa yang keren adalah dia yang disiplin dan mampu mengatur waktunya dengan baik.

5. Tidak takut melakukan apapun sendirian

Terbiasa ditemani kemana pun pada masa sekolah, menjadikan kamu tidak berani melakukan apapun sendirian. Namun, sifat itu harus dibuang jauh-jauh jika kamu sudah menjadi mahasiswa. Memiliki sifat penakut dengan hal baru tidak akan menjadikan kamu berkembang.

Oleh karena itu mulailah melakukan apapun tanpa harus ditemani oleh temanmu, bukan berarti kamu tidak ingin memiliki teman, tetapi kamu hanya sedang mencoba untuk menjadi mandiri dan lebih percaya diri. Jadilah mahasiswa yang berani, karena kamu adalah generasi bangsa masa depan..

6. Hindari hal yang tidak bermanfaat

Bersenang-senang memang menjadi kebutuhan bagi manusia, melepas penat setelah banyaknya aktivitas yang dijalani. akan tetapi jangan sampai hidupmu hanya dipenuhi dengan hal yang tidak bermanfaat yaa.

Sebagai mahasiswa yang luar biasa, tentunya kamu tidak ingin jika waktu mu terbuang percuma, oleh karena itu salah satu jalan untuk menjadi mahasiswa yang baik adalah dengan meninggalan hal yang tidak bermanfaat, seperti game, drama korea dan lain sebagainya.

Isi lah waktumu dengan hal-hal yang bermanfaat, mahasiswa produktif bukanlah dia yang berfikir apa yang ku lakukan hari ini, tetapi manfaat apa yang kudapat atau kubagi hari ini. Seperti sebuah hadist yang diriwayatkan tirmidzi yang berarti “merupakan tanda baiknya Islam seseorang, yaiu yang meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya”

7. Peduli Kepada Lingkungan

Tidak hanya memperhatikan diri sendiri saja, jika kamu ingin menjadi mahasiswa yang baik maka kamu harus peka dan peduli dengan lingkunganmu, baik itu masyarakat ataupun alam sekitar.

Sebagai generasi muda, kita harus mampu menjaga alam sekitar, menjaga kelestariannya agar tetap dapat dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya. Jangan memaksakan orang lain untuk menjaga alam, tapi mulailah dari dirimu sendiri, buanglah sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik, dan mendaur ulang barang-barang bekas, itu sudah menjadikanmu sebagai mahasiswa yang peduli dengan lingkungan.

Banyak orang yang mengatakan cinta lingkungan, tetapi hanya sedikit yang benar-benar peduli. Lantas, mengapa kamu tidak menjadi salah satu bagian dari yang peduli? Let’s Go Green..

Nah, itu dia 7 tips agar kamu menjadi mahasiswa idaman, still confidence and proud of yourself..

Komentar

Indeks Berita