Jalankan Program Kewirausahaan Pemuda, PT PIM Berdayakan Kelompok Tani Tambak

PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) memberdayakan kelompok tani tambak ‘Jasa Rakan’ Gampong Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara melalui Program Kewirausahaan Pemuda atau Youth Entrepreneurship (YES) melalui budidaya Ikan Lele Dumbo
PT Pupuk Iskandar Muda
Foto HO/ACEHSATU.com

ACEHSATU.COM | LHOKSEUMAWE — PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) memberdayakan kelompok tani tambak ‘Jasa Rakan’ Gampong Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara melalui Program Kewirausahaan Pemuda atau Youth Entrepreneurship (YES) melalui budidaya Ikan Lele Dumbo.

Vice Presiden Humas PT PIM, Nasrun didampingin Plt. AVP PKBL, Jufri mewakili manajemen perusahaan, pada Jum’at  23 Juli 2021 mengatakan, PIM menyalurkan bantuan benih Ikan Lele jenis dumbo sebesar 30 ribu ekor bibit dumbo di area tambak seluas 15 x 20 M2 milik kelompok tani pemuda ‘Jasa Rakan’.

“Ini sekaligus juga merupakan proyek percontohan dari program kewirausahaan pemuda lingkungan,” katanya.

Menurut dia, lokasi tambak ini merupakan area yang sangat strategis untuk budidaya ikan Lele.

“Jika kedepan, kegaiatanya dapat berkembang dengan baik serta sesuai dengan hasil evaluasi kami pada akhir panen, maka bantuan-bantuan serupa akan diperluas ke gampong–gampong lainnya,’” sebut Nasrun.

PT Pupuk Iskandar Muda
Foto HO/ACEHSATU.com

Kata dia, penyaluran bantuan dalam bentuk material ini adalah penunjang fasilitas pendukung kegiatan.

“Alhamdulillah, sudah terlaksana dengan baik, maka kami berharap para pemuda yang tergabung dalam kelompok tani maupun dalam Karang Taruna Guroe Sakti, agar dapat melaksanakan pembudidayaan ikan Lele Dumbo dengan lebih tekun dan produktif demi mendukung peningkatan ekonomi pemuda,” harapnya.

Selain itu, sambung dia, pihaknya juga tengah melakukan proses pelaksanaan program bidang pertanian lainnya yang melibatkan dua Kelompok Wanita Tani (KWT) dan nantinya dibina oleh TJSL PT. PIM.

“Demi pengembangan bantuan pada segenap lapisan masyarakat lingkungan yang berkelanjutan, semoga kedepan kita terus dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja demi mendukung tercapainya program-program serta usaha positif dari perusahaan,” tambahnya.

Sementara itu, Plt.AVP PKBL, PT PIM, Jufri menambahkan, bahwa usaha dari pemuda ini merupakan hal yang positif dan semoga berkelanjutan serta dapat menjadi contoh bagi pemuda di gampong lain.

“Bantuan ini merupakan pilot project, maka semoga dapat berkembang dengan sebaik–baiknya, sehingga benar–benar berdayaguna bagi pemuda dan masyarakat pada umumnya, sehingga akan terus dapat dilaksanakan,” pintanya.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Dewantara, Rahmat Kartolo, S.Pt, M.P menyampaikan terima kasih kepada PT PIM yang telah memfasilitasi Kelompok Tani Tambak ‘Jasa Rakan’ yang dikelola oleh Karang Taruna, Gampong Tambon Baroh dengan penyaluran bibit Ikan Lele Dumbo.

“Semoga, upaya yang sangat baik ini akan terus berkembang sebagai usaha penunjang ketersedian pangan,” harapnya.

Pembina Kelompok Tani Tambak ‘Jasa Rakan’, H. Arinal Abdullah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT PIM.

“Alhamdulillah, dengan adanya bantuan benih Lele dumbo akan memperlancar budidaya serta dapat menambah peluang usaha bagai para pemuda,” katanya.

Kata dia, kegiatan itu dapat memperkecil angka pengangguran, apalagi di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid–19) saat ini, Semoga pula bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik–baiknya,” pungkasnya. (*)