Jalan Utama Kecamatan Bandar Pusaka Aceh Tamiang Tertimbun Longsor, BPBD Buka Jalan Alternatif

"Untuk saat ini jalan lintas Serba yang sempat tertimbun tanah longsor sudah bisa dilalui kendaraan melalui akses jalan sementara sebelum dilakukan pembersihan total,"
jalan longsor
BPBD bersama Camat Bandar Pusaka sudah membuka akses sementara untuk masyarakat yang akan keluar masuk dari Bandar Pusaka

ACEHSATU.COM | Kuala Simpang – Ruas jalan utama Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang dilaporkan tertimbun longsor hingga nyaris menutupi seluruh badan jalan. Longsor tersebut akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir ini melanda Aceh Tamiang.

Camat Bandar Pusaka Cakra Agie Winapati, Jumat malam mengatakan titik longsor berada di simpang pertigaan Kampung Serba-Sunting. Akibat longsor arus kendaraan dari dan menuju pusat Kecamatan Bandar Pusaka tidak bisa lewat.

Atas bencana alam ini pihaknya sudah minta bala bantuan ke BPBD Aceh Tamiang untuk mengerahkan alat berat bersihkan material longsor.

“Kami sudah lapor BPBD, malam ini akan cek seluruh lokasi dulu. Kalau kendaraan masih bisa menggunakan jalur alternatif lewat Kampung Jambo Rambong,” ujar Cakra.

Dihubungi terpisah Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Tamiang Iman Suhery mengaku juga lagi menuju ke lokasi. Bencana longsor dipicu intensitas hujan tinggi selama sepakan terakhir.

Menurut dia berdasarkan video dan foto longsoran tanah yang dikirim dari lapangan kemungkinan besar tidak bisa dilakukan secara manual.

“Mungkin diperlukan alat berat, karena seluruh badan jalan aspal tertimbun. Tapi kita akan cek lokasi dulu untuk pastikan,” ucap Bayu sapaan Iman Suhery.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang terpaksa membuka jalan sementara untuk bisa dilalui kendaraan didekat titik longsor di Kampung Serba, Kecamatan Bandar Pusaka.

“Untuk saat ini jalan lintas Serba yang sempat tertimbun tanah longsor sudah bisa dilalui kendaraan melalui akses jalan sementara sebelum dilakukan pembersihan total,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Tamiang Iman Suhery di Karang Baru, Aceh Tamiang, Sabtu.

Dia menyebut proses pembuatan akses jalan sementara memakan waktu hampir dua jam menggunakan alat berat (beko) sejak Jumat malam pukul 23.00 WIB-Sabtu dini hari pukul 00.50 WIB.

Menurutnya titik longsor di persimpangan Kampung Serba dan Sunting tersebut menghubungkan Kecamatan Bandar Pusaka dan kecamatan lainnya di wilayah hulu Aceh Tamiang.

Diperkirakan lereng bukit Serba longsor akibat dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. Belakangan ini suluruh wilayah Aceh Tamiang tengah dilanda cuaca ekstrem setiap malam turun hujan dari intensitas sedang hingga tinggi/deras.

“BPBD bersama Camat Bandar Pusaka sudah membuka akses sementara untuk masyarakat yang akan keluar masuk dari Bandar Pusaka. Pagi ini tanah akan dibersihkan menggunakan alat berat,” ujarnya.

Camat Bandar Pusaka Cakra Agie memastikan saat ini masyarakat sudah bisa lewat jalan sementara yang dibuat oleh BPBD.