Jalan Kota Meureudu – Simpang Tiga akan Diaspal Hotmix

Tak ayal, beberapa waktu lalu salah seorang pemuda memancing ikan di kolam tesebut, sebagai salah satu bentuk protes kepada pemkab setempat.
KADIS PU Pidie Jaya, Rizal Fikar ST (kanan) bersama Kabid Bina Marga, Edy Saputra, Senin (7/9/2020) mengamati jalan Kota Merdu- Sp Tiga yang sedang dibangun. ACEHSATU.COM/Abullah Gani

Laporan Kontributor Abdullah Gani dari Pidie Jaya

ACEHSATU.COM | PIDIE JAYA Jika sebelumnya kondisi jalan kabupaten yang menghubungkan Kota Meureudu arah ke Simpangtiga atau sebaliknya sulit dilalui karena sepanjang rute yang dilalui terutama dalam radius sekitar 450 meter bertabur lubang, dalam waktu dekat akan beraspal mulus.

Jalan yang kini sedang gencar dikerjakan CV Markam Jaya, Senin (7/9/2020) dan dipantau Kadis PU bersama Kabid.

Kadis PU Pidie Jaya, Rizal Fikar ST didampingi Kabid Bina Marga, Edy Saputra ST, di sela-sela memantau proyek peningkatan jalan tersebut, kepada ACEHSATU.COM mengatakan, jalan bersumber dana otonomi khusus Aceh (DOKA) TA 2020 senilai Rp 1,7 miliar dan dijadwalkan selesai tepat waktu.

Kecuali itu, jalan Simpang Beuringen/Teupin Pukat – Simpang Empat Meurahdua saat ini juga sedang dikerjakan.

Ditambahkan, panjang ruas jalan utama menuju kota kabupaten yang kini sedang ditingkatkan dari aspal biasa ke Hotmix adalah 4.500 meter dengan kelebaran 9 meter.

Total anggaran mencapai Rp 1,7 miliar saat ini sedang pengecoran lapisan atas (LPA) dan dijadwalkan akhir tahun 2020 ini rampung.

Hasil pantauannya, secara tehnis, hingga pada tahapan pemasangan LPA, pekerjaannya tergolong lumayan bagus dan, ia bersama Kabid menghendaki supaya tetap berkualitas sebagaimana petunjuk teknis.

“Alhamdulillah, hasil pantauan saya bersama kabid, pekerjaan lumayan bagus. Sungguh pun demikian, pihaknya akan terus melakukan pemantauan hingga proyek dimaksud selesai dan berkualitas,” imbuh Rizal.

Ruas jalan tersebut ditingkatkan, lanjut Kadis PU Pijay, karena kondisi sebelumnya mengalami kerusakan berat.

Malah di beberapa titik badan jalan persis bagaikan kolam ketika diguyur hujan deras. Yang lebih parah adalah kawasan Dusun Dayah U Paneuek atau persisnya depan Wisma Ananda.

Di kawasan tersebut, hampir semua badan jalan terendam air sehingga terlihat persis seperti kolam.

Tak ayal, beberapa waktu lalu salah seorang pemuda memancing ikan di kolam tesebut, sebagai salah satu bentuk protes kepada pemkab setempat.

Karena di beberapa titik kerusakannya lebih parah atau lubangnya menganga, sehingga kala itu pihaknya terpaksa menyemen dengan dana pribadi.

Seorang pelintas kepada ACEHSATU.COM, Senin (7/9/2020) mengaku lega melihat jalan tersebut akan diaspal.

Peningkatan ruas jalan yang menghubungkan Simpang Empat Gampong Beuringen dan Meunasah Jurong Kecamatan Meurahdua hingga ke Simpang Empat kini juga sedang dikerjakan.

Jalan sepanjang kurang lebih tiga kilometer ditangani dengan dana APBA TA 2020 juag akan diaspal Hotmix. Jalan dimaksud juga usulan Dinas PU Pidie Jaya yang dilakukan hingga beberapa tahun anggaran.

“Alhamdulillah, jalan yang kita usulkan beberapa kali itu pun kini sedang dibangun,” kata Rizal. (*)