oleh

Jailani Hasyem, Jadi Mukim GAM Secara Sembunyi-sembunyi

-Haba Caleg-77 views

Dapil II Peusangan, Jangka, Peusangan Selatan dan Peusangan Siblah Krueng

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Di saat Aceh berstatus darurat  militer, pria yang satu ini memang tergolong lihai. Pasalnya, ia bisa menyembunyikan aksinya menjadi Mukim GAM.

Sehingga, Mukim Jai, panggilan untuk Jailani Hasyem tidak membuat gerak-geriknya dicurigai aparat.

Bekerja sebagai pembeli udang dari penambak dalam wilayah Mukim Bugak. Secara sembunyi-sembunyi Jailani berhasil membantu perjuangan GAM.

“Setiap ada orang yang ditangkap aparat, jantung saya selalu berdebar, saya takut ada membocorkan saya  ikut membantu GAM,” kata Jailani Hasyem, Rabu (9/1/2019) saat mengenang era tahun 2002 saat Aceh masih konflik.

Jailani Hasyem Caleg DPRK Bireuen dari Dapil II Peusangan, Jangka, Peusangan Selatan dan Peusangan Siblah Krueng.

Kiprah Jailani Hasyem dalam masyarakat memang tidak diragukan lagi, saat Aceh masih konflik selain dipercaya sebagai ketua Pemuda Gampong Ule Ceu Kecamatan Jangka, ia juga menjabat sebagai Mukim Gerakan Aceh Mardeka (GAM) Sagoe Ulee Kuta, Wilayah Batee Ilek.

BACA: DPW PNA Bireuen Instruksikan Menangkan Sayuti Abubakar Rebut Kursi DPR RI

Tahun 2012 hingga 2014 dari sebelumnya ketua Ia terpilih sebagai Keuchik Gampong Ule Ceu.

Namun karena ikut mencalonkan diri sebagai Caleg pada Pemilu 2014 jabatan keuchik ia tinggalkan.

Pileg 2019 ini ia kembali meramaikan pertarungan perebutan kursi DPRK Bireuen Dapil II. Pemilu 2014 menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Jailani Hasyem.

“Jabatan mukim GAM tahun 2002 saya pimpin secara sembunyi-sembunyi, tak ada yang berani saat itu. Tapi karna niat saya Ikhlas membantu perjuangan, Alhamdulliah saya tak ditangkap hingga damai,” kata Alumni Pesantren Budi Mesja Lamno Aceh Jaya ini.

Dilandasi semangat perjuangan dan  membangkitkan keinginan untuk memenangkan partai lokal.

Jailani Hasyem Caleg DPRK Bireuen dari Dapil II Peusangan, Jangka, Peusangan Selatan dan Peusangan Siblah Krueng.

Pileg April 2019 ini Mukim Jai akan ikut andil memperebutkan kursi DPRK Bireuen Dapil II meliputi pemilihan Kecamatan Peusangan, Jangka, Peusangan Siblah Krueng dan Peusangan Selatan.

“Pencalonan ini tak lain yaitu untuk dapat membawa keinginan dan aspirasi masyarakat Dapil II kepada pemerintah,” kata Mukim Jai.

Fokus utama Jailani Hasyem untuk membangkitkan ekonomi masyarakat melalui  tiga sektor, pendidikan, pertanian dan perikanan.

Mukim Jailani, saat acara dengan para keuchik.

Untuk sektor pendidikan, Sektor pendidikan agama menjadi prioritas utama yaitu melakukan perbaikan balai pengajian, masjid, meunasah dan para guru-guru pengajian.

Begitu juga untuk pendidikan umum, Jailani akan melengkapi fasilitas pendidikan seperti pembangunan pagar sekolah, rumah sekolah serta kebutuhan lainnya.

Untuk sektor pertanian ia akan  membangun saluran irigasi,  saluran caci serta membantu kebutuhan petani.

Sektor perikanan saya akan merehabilitasi  saluran-saluran tambak dan pengerukan kuala-kuala yang dangkal.

“Semua ini akan kita lakukan sesuai dengan aturan yang berlaku di pemerintah. Mudah-mudah saya terpilih,” kata Caleg PNA Nomor Urut 3 . (*/Adv)

Komentar

Indeks Berita