Politik

Ismail Abda Pimpin DPC Partai Hanura Aceh Timur

Ismail terpilih menjadi Ketua Partai Hati Nurani Rakyat berdasarkan surat mandat dari ketua DPD Partai Hanura Aceh dengan nomor Surat keputusan (SK) 142/MDT-DPD Hanura/VII/2017/ yang dikeluarkan Pada hari Jumat 28 Juli 2017 kemarin.

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Ismail Abda putera kelahiran Buloh Blang Ara Kecamatan Kuta Makmur Aceh Utara pegang kendali DPC Partai Hanura Aceh Timur

Ismail terpilih menjadi Ketua Partai Hati Nurani Rakyat berdasarkan surat mandat dari ketua DPD Partai Hanura Aceh dengan nomor Surat keputusan (SK) 142/MDT-DPD Hanura/VII/2017/ yang dikeluarkan  Pada hari Jumat 28 Juli 2017 kemarin.

Dalam proses demokrasi Partai Politik, Pembina Dapil Faisal Rizal Hasan didampingi wakil ketua bidang keanggotaan Ibu Ros  menetapkan Ismail Abda sebagai ketua DPC Aceh Timur.

Lalu siapakah Ismail Abda, Ketua DPC Hanura Aceh Timur ?.

Berdasarkan Informasi yg dihimpun Acehsatu.com, pada Sabtu 26/08/2017.

Ismail Abda merupakan putra kedua dari pasangan  Abdulmutaleb Ali (Abda) dan Nurbaiyah,Ismail lahir pada  7 Juli 1976 di pedalaman Desa Ie Tarek 1. Buloh Blang Ara kecamatan kuta Makmur (sekarang masuk dalam kecamatan Simpang keuramat) Aceh Utara.

Masa kecil, Ismail menempuh pendidikan dasar di SD Negeri Cot Teungoh, lalu meneruskan di SMP Simpang keuramat dan  STM Negeri Bireuen.

Setelah selesai pendidikan Ismail memilih menetap di Idi Rayeuk Aceh Timur. Tak ubahnya seperti pepatah aceh “ Tukok U tetap Rhot Bak Peureudee” artinya setinggi apapun pelepah kelapa tumbuh.

Tetap jatuh disekitar pangkalnya (perdu). Begitu juga Ismail Abda yang kembali ke Daerah asal kakeknya (Nek Idi)

Dalam hal organisasi, cucu Nek Idi ini terbilang sudah punya cukup bekal untuk memangku jabatan ketua. Sebelum terjun ke dunia politik. Pria Humoris dan senang bergaul ini pernah aktif di sejumlah organisasi Baik Lokal maupun Nasional.

Mulai dari tahun 2006 sampai dengan 2010 Ismail Abda tercatat sebagai Ketua Bidang Investigasi Lembaga Barisan Rakyat Anti Korupsi  (BARak) Aceh. Setelah itu  dari tahun 2010 sampai dengan 2013 dipercayakan sebagai Sekjen lembaga anti korupsi Langsa Corrution Word (LCW). Seiring menjalankan profesinya sebagai wartawan.

Selanjutnya tahun 2010 Ismail Abda bersama teman seprofesi mendirikan Organisasi wartawan lokal yakni Persatuan Wartawan Aceh Timur (PESAWAT). Dan Ismai lAbda menjabat sebagai Ketua Umum hingga sekarang.

Masih dalam periode tahun 2010 sampai  sekarang  juga tercatat sebagai Direktur Lembaga Bantuan Hukum ( LBH) IDI. Selanjutnya dari tahun2013 sampai dengan 2014 menyempatkan dirinya memangku jabatan Sekretaris Umum Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Aceh Timur.

Sementara di Dunia Politik Ismail Abda pernah terlibat dalam pengurus inti Partai Lokal namun terakhir menundurkan diri karna kesibukannya dengan pekerjaan yang lain. Selain itu Ismail Abda pernah menjadi Tim Pemenangan  kabupaten beberapa Calon Gubernur Aceh pada periode pencalonan yang berbeda.

Terlibat dalam tim pemenangan calon Bupati Aceh Timur Ayah tiga anak ini juga tak ketinggalan. Dan kini Ismail Abda mulai mengepak sayapnya sebagai ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai HANURA Aceh Timur.

Selain pengalaman di sejumlah organisasi.  Ismail Abda ternyata juga punya banyak pengalaman pekerjaan. Pada awal tahun 1996 menjadi Karyawan PT Aceh Media Grafika ( Media Cetak Harian Serambi  Indonesia) . setelah mengundurkan diri pada perusahaan surat kabar ternama di Aceh itu di tahun 2001. Ismail Abda bekerja sebagai  Wartawan Tabloid Modus Aceh terbitan Banda Aceh hingga tahun 2003.

Selanjutnya pada  Periode 2003 sampai dengan 2005 Ismail akftif sebagai Wartawan media cetak Harian Aceh terbitan Banda Aceh. Sedangkan pada  Periode 2005 smapi  2015 mulai merubah nasipnya menjadi  Kontributor Media Televisi METRO TV Jakarta.

Terakhir Ismail Abda memilih menjadi  Wartawan freeline dan wartawan media online hingga sekarang.

Kepada media ini Ismail Abda mengaku akan menjalankan amanah sesuai Ad_ART Partai demi kemenangan Partai Hanura dan kemenangan Rakyat Aceh Timur.  Ismail Abda tidak mau banyak berjanji sebelum berbuat. “ Tujuan saya membangun Aceh Timur dan memperjuangkan aspirasi masyarakat “ ujar Ismail Abda.

To Top