Banda Aceh

Irwandi Yusuf Jualan Pesawat Buatan Slovakia di Indonesia

Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mempromosikan pesawat Shark Aero bikinan pabrik Slovakia . 23/12/2015. FOTO/KISS ACEH

ACEHSATU.com, Banda Aceh – Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mempromosikan pesawat Shark Aero bikinan pabrik Slovakia di akun facebook pribadinya. Promosi tersebut dilakukannya setelah menerbangkan pesawat dari Padang menuju Aceh. Irwandi bertindak sebagai pilot.

“Saya ingin membuka mata rakyat Aceh lebar-lebar, bahwa teknologi pesawat itu bukan hal mewah lagi musykil,” tulisnya. 

Dia mengatakan banyak yang berpikir bahwa harga pesawat itu mencapai puluhan miliar bahkan triliunan rupiah. Menurutnya memang ada pesawat yang harganya mencapai Rp5 triliun seperti pesawat Airbus A-800. “Tapi banyak juga pesawat yang harganya sama dengan harga mobil Avanza,” katanya.

Dia mengatakan pesawat yang diterbangkannya masuk dalam kategori mahal. Harganya setara dengan mobil Harier. “Sebenarnya harga pesawat Shark Aero itu 90 ribu Euro atau kira-kira Rp1,3 miliar. Tapi saya membayarnya hanya 40 ribu Euro atau Rp 600 juta,” katanya lagi.

Dia mengatakan harga miring tersebut didapatkannya berkat diplomasi dan hubungan persahabatannya dengan Vladimir Pekar. Sosok tersebut adalah sahabat Irwandi di Slovakia yang memiliki pabrik pesawat.

“Saya sudah lima kali ke pabrik ini. Vladimir ini tidak kaya tapi kreatif luar biasa. Dia wujudkan mimpinya untuk bikin pesawat hingga menjadi kenyataan, dan pesawat bikinannya memang top di Eropa,” tulis Irwandi.

Politisi PNA ini mengatakan Vlado menginginkan Irwandi memasarkan pesawat bikinan pabriknya di Indonesia. Dia bahkan menitipkan sebuah pesawat Shark Aero kepada Irwandi yang dibebankan uang jaminan sebesar 40 ribu Euro plus pajak.

“Jikalau saya tidak mampu menjual satu pesawat pun dalam masa dua tahun, pabrik akan menarik kembali pesawat itu,” katanya.

Dia turut memaparkan keunggulan pesawat yang dijualnya di akun facebook. “Pesawat Shark ini memiliki daya tahan terbang sampai 9 jam, akan cocok sekali untuk pengawasan hutan, patroli udara terhadap pencurian ikan, dan pemantauan bencana alam,” tulisnya lagi.[Sumber KISS ACEH]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top