Hukum

Irwandi Praperadilankan KPK, Ini Jadwal Sidang Perdana

Terkait adanya upaya praperadilan tersebut, Febri menyampaikan bahwa KPK menghargai hal ini sebagai jalur hukum yang ditempuh oleh tersangka.

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH  – Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf sudah mengajukan praperadilan terhadap KPK ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Informasi tersebut disampaikan Jubir KPK, Febri Diansyah, kepada ACEHSATU.com, Selasa (9/10/2018).

Febri mengatakan, awalnya PN Jaksel telah menetapkan jadwal sidang pada hari ini.

Namun karena ada penugasan dan kegiatan lain, maka sejak Jumat kemarin KPK telah mengajukan permintaan pada PN Jaksel untuk mengundur waktu sidang selama 7 hari, yaitu pada 16 Oktober 2018.

BACA: Pengadilan Tolak Permohonan Praperadilan OTT KPK

Febri menambahkan, dalam permohonan praperadilan, Irwandi pada intinya menyatakan dirinya tidak pernah meminta atau menerima uang seperti yang disangkakan KPK terkait kasus DOKA.

Terkait adanya upaya praperadilan tersebut, Febri menyampaikan bahwa KPK menghargai hal ini sebagai jalur hukum yang ditempuh oleh tersangka.

Dikatakan, jika persidangan dilakukan pada hari Selasa, 16 Oktober 2018 atau waktu lain yang ditentukan pengadilan, tentu KPK akan mendengarkan permohonan yang diajukan oleh tersangka tersebut.

Kemudian akan memberikan jawaban yang komprehensif.

BACA: Diduga Terima Gratifikasi Rp32 Miliar dari Proyek Dermaga Sabang, Irwandi Kembali Jadi Tersangka

Febri mengatakan, pihaknya memandang tersangka banyak bicara tentang hal-hal lain yang tidak ada hubungan langsung, dan lebih banyak menguraikan pokok perkara, yang semestinya tidak menjadi domain dari sidang praperadilan.

Disebutkan, pihaknya berharap akan lebih baik jika fakta-fakta yang diklaim tersebut diuji di persidangan.

KPK telah mempersiapkan bukti yang kuat selama proses penyidikan ini dan bahkan telah menetapkan tersangka pada kasus lain yaitu dugaan penerimaan gratifikasi saat menjabat sejumlah sekitar Rp 32 miliar. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top