Innalillahiwainna Ilaihiraji’un, Istri Nyak Sandang Meninggal Dunia

Nyak Sandang yang merupakan tokoh penyumbang Pesawat RI 001 meninggal dunia pada Kamis (7/10) Pagi di Pukesmas Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.
Nyak Sandang
Dok. Foto: Nyak Sandang, penyumbang Pesawat RI 001 saat masih bersama almarhumah istri, Fatimah yang meninggal dunia pada Kamis (7/10/2021) di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

ACEHSATU.COM | ACEH JAYA – Innalillahiwainna Ilaihiraji’un, Kabar duka datang dari tanah Rencong Aceh, dimana Istri dari Nyak Sandang yang merupakan tokoh penyumbang Pesawat RI 001 meninggal dunia pada Kamis (7/10) Pagi di Pukesmas Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

Almarhumah bernama Fatima Gampong Lhuet – Lamno Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya meninggal dunia di usia 90 tahun, dan merupakan istri Nyak Sandang sang penyumbang cikal bakal Pesawat Garuda untuk menunjang kemerdekaan Republik Indonesia kala itu.

nnalillahiwainna Ilaihiraji'un, Kabar duka datang dari tanah Rencong Aceh, dimana Istri dari Nyak Sandang yang merupakan tokoh penyumbang Pesawat RI 001 meninggal dunia pada Kamis (7/10) Pagi di Pukesmas Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.
nnalillahiwainna Ilaihiraji’un, Kabar duka datang dari tanah Rencong Aceh, dimana Istri dari Nyak Sandang yang merupakan tokoh penyumbang Pesawat RI 001 meninggal dunia pada Kamis (7/10) Pagi di Pukesmas Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Foto | IST

Keuchik Gampong Lhuet Kecamatan Jaya, Abdullah Hamid membenarkan jika istri Nyak Sandang telah meninggal dunia pada pukul 06.00 WIB di Puskesmas Jaya.

Masjid Nyak Sandang Didesain Menyerupai Pesawat Terbang “Benar Almarhumah meninggal tadi pagi sekitar pukul 6 pagi, dan tadi pagi juga sudah dikebumikan di Gampong Lhuet,” kata Keuchik Abdullah. 

Juga Masjid Nyak Sandang di Aceh Jaya Mulai Dibangun Menurutnya, jasa Nyak Sandang kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia harus di sanjungi sebagai sosok yang sangat berjasa dalam membantu menunjang kemerdekan.

Apalagi Nyak Sandang juga merupakan salah satu warga Aceh yang dengan suka rela memberi modal untuk pembelian pesawat terbang 001.

AHY Sampaikan Duka Mendalam “Istri beliau sudah meninggal pagi tadi di usia 90 tahun, sedangkan Nyak Sandang juga sudah mulai sakit-sakitan.

Kita semua patut menghargai jasa Nyak Sandang untuk Negara ini,” pungkasnya.